PERAN PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI PANTI ASUHAN YOGYAKARTA

DWI PAPSA, NIM. 12250040 (2016) PERAN PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI PANTI ASUHAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI PANTI ASUHAN YOGYAKARTA)
12250040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN PUSAT DUKUNGAN ANAK DAN KELUARGA (PDAK) DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI PANTI ASUHAN YOGYAKARTA)
12250040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran-peran yang dilakukan oleh Yayasan Sayangi Tunas Cilik Partner of Save the Children dalam program Pusat Dukungan Anak dan Keluarga (PDAK) dalam membangun manajemen pelayanan sosial di panti asuhan Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya manajemen pelayanan sosial yang ada di Panti Asuhan masih bersifat konvensional seperti hanya untuk memenuhi kebutuhan anak seperti tempat tinggal, makan, dan mendapatkan pendidikan. Peran-peran untuk membangun manajemen pelayanan sosial yang mengutamakan pengasuhan berbasis keluarga merupakan upaya yang dilakukan PDAK agar anak dapat hidup dengan stabil dan layak bersama keluarga mereka. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Pusat Dukungan Anak dan Keluarga (PDAK) dalam membangun manajemen pelayanan sosial di Panti Asuhan Yogyakarta?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripstif kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peran PDAK dalam membangun manajemen palayanan sosial, Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan atau sumber data menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sempel yang merupakan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan informasi berkembangan sesuai dengan kebutuhan. Hasil penelitian terhadap peran Pusat Dukungan Anak dan Keluarga (PDAK) dalam membangun manajemen pelayanan sosial adalah dengan beberapa peran, yaitu peran fasilitatif melalui sosialisasi penerapan Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA), peran edukatif melalui pelatihan berupa workshop dan peningkatan kemampuan berupa konseling kasus, peran perwakilan melalui upaya PDAK dalam mendampingi kelengkapan administrasi akreditasi LKSA dan peran teknis melalui pelatihan pengolahan data dengan pendekatan manajemen kasus. Hasil peran membangun manajemen pelayanan tersebut diantaranya adalah pemahaman dan pengembangan kemampuan LKSA dalam pengasuhan berbasisi keluarga, penerapan manajemen kasus, dan pengakuan LKSA melalui akreditasi. Semua peran pendampingan yang dilakukan PDAK adalah untuk meningkatan pengasuhan berbasis keluarga dan menanamkan budaya good parenting, serta guna mendukung pengakuan sistem pelayanan LKSA melalui akreditasi LKSA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Aryan Torrido, SE, M.Si. NIP 19750510 200901 1 016
Uncontrolled Keywords: Peran PDAK, manajemen pelayanan sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 04:27
Last Modified: 17 Feb 2017 04:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24035

Actions (login required)

View Item View Item