TERAPI BEHAVIOUR TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SD AINUL YAKIN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KESEJAHTERAAN SOSIAL SKRIPSI

INDAH KARTIKA CAHYANI, NIM. 12250049 (2016) TERAPI BEHAVIOUR TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SD AINUL YAKIN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KESEJAHTERAAN SOSIAL SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI BEHAVIOUR TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SD AINUL YAKIN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KESEJAHTERAAN SOSIAL SKRIPSI)
12250049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TERAPI BEHAVIOUR TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SD AINUL YAKIN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KESEJAHTERAAN SOSIAL SKRIPSI)
12250049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap terapi behaviour yang digunakan untuk menangani anak berkebutuhan khusus di SD Ainul Yakin, Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak-anak retardasi mental yang mengalami hambatan perkembangan mental yang mencakup aspek intelegensi, sosial dan fungsi mental lainnya dan belum mendapatkan penanganan yang baik. Terapi behaviour termasuk salah satu upaya penanganan yang bertujuan untuk merubah perilaku dan mengembangkan kemampuan anak yang terlambat dan mengurangi masalah yang dialami oleh anak retardasi mental. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana terapi behaviour yang digunakan untuk anak retardasi mental di SD Ainul Yakin? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah terapi anak berkebutuhan khusus dan penerapan terhadap interaksi sosial terhadap anak berkebutuhan khusus. Sementara itu, subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Pendiri Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pengecekan data dari berbagai sumber data. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi behaviour yang digunakan untuk menangani anak retardasi mental yaitu teknik penguatan positif yang terdiri dari primary reinforcement, secondary reinforcer dan contigency reinforcement, selain teknik penguatan positif teknik yang digunakan adalah penokohan (modelling), kartu berharga (token economy) dan penghapusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP. MSW NIP 19721016 199903 2 008
Uncontrolled Keywords: anak, terapi behaviour, reterdasi mental, keberfungsian sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 05:57
Last Modified: 17 Feb 2017 05:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item