INTERVENSI KELOMPOK MELALUI PROGRAM SUPPORT GROUP UNTUK PENANGANAN DAN PENCEGAHAN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA TAHUN 2014-2016

LASHIENTA LUTVITASARI, NIM. 12250052 (2016) INTERVENSI KELOMPOK MELALUI PROGRAM SUPPORT GROUP UNTUK PENANGANAN DAN PENCEGAHAN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA TAHUN 2014-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI KELOMPOK MELALUI PROGRAM SUPPORT GROUP UNTUK PENANGANAN DAN PENCEGAHAN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA TAHUN 2014-2016)
12250052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI KELOMPOK MELALUI PROGRAM SUPPORT GROUP UNTUK PENANGANAN DAN PENCEGAHAN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI RIFKA ANNISA WCC YOGYAKARTA TAHUN 2014-2016)
12250052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Lashienta Lutvitasari. Penelitian ini berjudul “Intervensi Kelompok Untuk Penanganan dan Pencegahan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Rifka Annisa WCC Yogyakarta Tahun 2014-2016”. Awal ketertarikan peneliti berangkat dari upaya yang dilakukan Rifka Annisa dalam membantu para kliennya agar dapat survive atau kembali memiliki fungsi sosial di masyarakat. Selain itu, Rifka Annisa ini juga aktif melakukan pencegahan kasus kekerasan terhadap perempuan di wilayah DIY dan sekitarnya. Adapun upaya yang dilakukan adalah melalui pelayanan konseling baik secara psikologis maupun hukum, adanya support group (kelompok dukungan), serta adanya rumah aman (shelter) bagi korban yang rentan mengalami kekerasan. Penelitian ini menjelaskan proses support group yang berlangsung di Rifka melalui berbagai kegiatan selama beberapa pertemuan sebagai upaya penanganan dan pencegahan kasus kekerasan terhadap perempuan. Pertemuan tersebut berlangsung atas kesepakatan para peserta dan pendamping support group. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap manager divisi pendampingan, empat orang pendamping support group dalam tiga tahun terakhir. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam kesatuan serta menarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses intervensi kelompok support group di Rifka Annisa memiliki beebrapa kegitan kelompok di dalamnya. Program support group ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun dengan metode dan teknik yang berbeda. Sehingga menyebabkan tujuan spesifikasinya pun menjadi berbeda di setiap tahun. Tahun 2014, tujuan khusus di selenggarakannya support group yaitu klien dapat survive dan merancang masa depan. sedangkan tahun 2015, tujuan khusus di selenggarakannya support group adalah klien dapat mengatasi permasalahan dalm dirinya dan menyadari permasalahan tersebut sehingga mereka dapat membuat keputusan dalam hidupnya. Berbeda lagi dengan tujuan tahun 2016, Rifka ingin mencapai di titik yang paling penting yaitu peserta menjadi “agent of change” di lingkungannya terkhusus di lingkup keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, SIP, MSW NIP. 19721016 1999 03 2 008
Uncontrolled Keywords: Intervensi Kelompok dan Kekerasan Terhadap Perempuan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:09
Last Modified: 17 Feb 2017 06:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24039

Actions (login required)

View Item View Item