IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH D.I YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI YOGYAKARTA (STUDI PENGEMBANGAN EKONOMI KELOMPOK TANI CABAI DI KULONPROGO DAN KELOMPOK TANI KAKAO DI GUNUNG KIDUL)

MUHAMAD NASUKHA ISNANTO, NIM. 12250066 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH D.I YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI YOGYAKARTA (STUDI PENGEMBANGAN EKONOMI KELOMPOK TANI CABAI DI KULONPROGO DAN KELOMPOK TANI KAKAO DI GUNUNG KIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH D.I YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI YOGYAKARTA (STUDI PENGEMBANGAN EKONOMI KELOMPOK TANI CABAI DI KULONPROGO DAN KELOMPOK TANI KAKAO DI GUNUNG KIDUL))
12250066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH D.I YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI YOGYAKARTA (STUDI PENGEMBANGAN EKONOMI KELOMPOK TANI CABAI DI KULONPROGO DAN KELOMPOK TANI KAKAO DI GUNUNG KIDUL))
12250066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Program Sosial Bank Indonesia Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di D.I Yogyakarta (Studi Pemberdayaan Komunitas Petani Cabai di Kulon Progo dan Komunitas Petani Kakao di Gunung Kidul). Skripsi: program studi ilmu kesejahteraan sosial. Fakultas dakwah dan komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016 sampai November 2016 dengan tujuan untuk membahas implementasi Program Sosial Bank Indonesia Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di D.I Yogyakarta (Studi Pemberdayaan Komunitas Petani Cabai di Kulon Progo dan Komunitas Petani Kakao di Gunung Kidul). Penelitian ini dilatar belakangi oleh program CSR Bank Indonesia (PSBI) terutama dalam program peningkatan kesejahteran petani selalu medapatkan penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Yang mana kita ketahui bahwa keserjahteraa petani masih sangat kurang khususnya petani daerah-daerah yang masih tradisional. Jenis penelitian yang digunakan dengan mengunakan penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah Implementasi Program Sosial Bank Indonesia Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di D.I Yogyakarta (Studi Pemberdayaan Komunitas Petani Cabai di Kulon Progo dan Komunitas Petani Kakao di Gunung Kidul). Subyek penelitiannya adalah dua orang pegawai Bank Indonesia KPw Yogyakarta, tiga orang kelompok tani cabai, satu orang ketua ASPARTAN, satu orang BPTBA LIPI Gunung Kidul, satu orang kelompok tani kakao, satu orang dukuh Ngelanggeran Kulon, satu orang pengelolaan hasil panen, sehingga keseluruhan informan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Implementasi Program Sosial Bank Indonesia terdapat tahap-tahap yang dilakukan oleh implementer. Tahapan tersebut berupa tahapan interpretasi, tahap pengorganisasian, dan tahap pegaplikasian. Dalam pengaplikasian Program Sosial Bank Indonesia yang dilakukan oleh Bank Indonesia KPw Yogyakarta bekerjasama dengan lembaga Pemerintah Daerah, BPTBA LIPI Gunung Kidul, Tenaga Ahli, civitas akademik, dan stakeholder tekait. Peningkatan kesejahteraan petani dilakukan dengan cara pemberdayaan komunitas petani. Terdapat empat upaya yang dilakukan dalam pemberdayaan komunitas petani. Yaitu: bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan yang terakhir bina kelembagaan. Program mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani. Namun peningkatannya ditentukan oleh aset lahan pertanian yang dimiliki, serta perlunya komitmen yang kuat antara stakeholder yang terlibat sehingga informasi yang diperoleh dapat tersalurnya kepada seluruh anggota kelompok tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zainudin M.Ag NIP. 19660827 199903 1 001
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program Sosial Bank Indonesia, Kesejahteraan Masyarakat, Pemberdayaan Kamunitas.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:16
Last Modified: 17 Feb 2017 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item View Item