STRATEGI PENCEGAHAN PENINGKATAN RESIKO PENULARAN HIV AIDS PADA LSL (LAKI-LAKI BERHUBUNGAN SEKS DENGAN LAKI-LAKI) OLEH YAYASAN VESTA INDONESIA DI YOGYAKARTA

AROFATUM MUNIROH, NIM. 12250090 (2016) STRATEGI PENCEGAHAN PENINGKATAN RESIKO PENULARAN HIV AIDS PADA LSL (LAKI-LAKI BERHUBUNGAN SEKS DENGAN LAKI-LAKI) OLEH YAYASAN VESTA INDONESIA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENCEGAHAN PENINGKATAN RESIKO PENULARAN HIV AIDS PADA LSL (LAKI-LAKI BERHUBUNGAN SEKS DENGAN LAKI-LAKI) OLEH YAYASAN VESTA INDONESIA DI YOGYAKARTA)
12250090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENCEGAHAN PENINGKATAN RESIKO PENULARAN HIV AIDS PADA LSL (LAKI-LAKI BERHUBUNGAN SEKS DENGAN LAKI-LAKI) OLEH YAYASAN VESTA INDONESIA DI YOGYAKARTA)
12250090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (519kB)

Abstract

Penyakit HIV AIDS merupakan suatu penyakit yang terus berkembang dan menjadi masalah global yang melanda dunia. HIV adalah virus yang menyerang sel darah putih di dalam tubuh (limfosit) yag mengakibatkan turunnya kekebalan tubuh manusia sedangkan AIDS adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunya kekebalan tubuh. HIV AIDS merupakan kasus penyakit di bidang kesehatan yang sensitive di bicarakan. Dalam kasus tersebut banyak di jumpai bahwa seseorang yang berhubungan seks sesama jenis sering disebut LSL (Laki-laki Berhubungan Seks dengan Laki-laki). LSL lebih rentan terkena HIV AIDS karena apabila berhubungan seksual beresiko tanpa menggunakan pengaman dan melalui anal seks sehingga memungkinkan dapat terinfeksi HIV. Salah satu tempat yang ditentukan sebagai lokasi Yayasan Vesta Indonesia Yogyakarta adalah di Jalan Sukun No.21, Pondok Karangbendo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Peneliti memilih melakukan penelitian di Yayasan Vesta Indonesia tersebut karena melihat dari perkembangan zaman yang semakin marak dengan adanya penyakit HIV AIDS di Yogyakarta ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Yayasan Vesta Indonesia di Yogyakarta dalam melakukan pencegahan peningkatan resiko penularan HIV AIDS terhadap populasi LSL (laki-laki Berhubungan Seks dengan Laki-laki) tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu program yang dilakukan oleh Yayasan Vesta Indonesia ini adalah dengan pencegahan dan penanggulangan. Dimana program pencegahan tersebut terhadap populasi yang belum tertular HIV dengan cara penjangkauan dan VCT (Voluntary Counseling Testing) sedangkan program penanggulangan tersebut dilakukan terhadap populasi yang sudah tertular HIV sampai dengan pengobatanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd NIP. 19560704 198603 1 002
Uncontrolled Keywords: Strategi Pencegahan, LSL (Laki-laki Berhubungan Seks dengan Laki-laki)
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:23
Last Modified: 17 Feb 2017 06:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24041

Actions (login required)

View Item View Item