INTERVENSI KOMUNITAS BOCAH SISIH KIDUL (BOSSKID) DALAM PEMBENTUKAN POLA PERILAKU SOSIAL ANAK (STUDI DI KOMUNITAS BOSSKID, DUSUN NGASEM, DESA TEPUS, KABUPATEN GUNUNG KIDUL)

ASEP SUKANDI, NIM. 12250098 (2016) INTERVENSI KOMUNITAS BOCAH SISIH KIDUL (BOSSKID) DALAM PEMBENTUKAN POLA PERILAKU SOSIAL ANAK (STUDI DI KOMUNITAS BOSSKID, DUSUN NGASEM, DESA TEPUS, KABUPATEN GUNUNG KIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI KOMUNITAS BOCAH SISIH KIDUL (BOSSKID) DALAM PEMBENTUKAN POLA PERILAKU SOSIAL ANAK (STUDI DI KOMUNITAS BOSSKID, DUSUN NGASEM, DESA TEPUS, KABUPATEN GUNUNG KIDUL))
12250098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI KOMUNITAS BOCAH SISIH KIDUL (BOSSKID) DALAM PEMBENTUKAN POLA PERILAKU SOSIAL ANAK (STUDI DI KOMUNITAS BOSSKID, DUSUN NGASEM, DESA TEPUS, KABUPATEN GUNUNG KIDUL))
12250098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2016 dengan tujuan untuk membahas Intervensi Komunitas yang dilakukan oleh BOSSKID dalam pembentukkan perilaku sosial dan hasil intervensi komunitas BOSSKID dalam pembentukan perilaku anak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus tentang kenakalan anak atau remaja dan aktifitas intervensi yang dilakukan oleh BOSSKID. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah 1 ketua koordinator, 2 pendamping, 3 orang tua anak, dan 3 anak didik BOSSKID. Sehingga secara keseluruhan subyek berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan motode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan motode triangulasi dengan sumber data. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dalam melakukan intervensi komunitas terkait pembentukan pola perilaku sosial anak, pendekatan yang digunakan oleh Bosskid saat pendampingan adalah dengan melihat karakter dan minat-bakat anak, karena setiap anak itu unik jadi pendekatannya (engagement) setiap anak juga berbeda. Sedangkan pada tahap assessment, untuk mengetahui kebutuhan anak, komunitas Bosskid menggalih potensi dan minat bakat anak. Selain itu, dalam merencanakan program kegiatan, komunitas Bosskid selalu mengangkat partipasi anak dan masyarakat untuk menyusun program kegiatan. Program kegiatan yang ada di Sanggar Bosskid merupakan hasil kolaborasi antara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag., M.Si. NIP. 1970408 200604 2 002
Uncontrolled Keywords: intervensi komunitas, bocah sisih kidul, pola perilaku sosial anak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:30
Last Modified: 17 Feb 2017 06:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24042

Actions (login required)

View Item View Item