STATISTIK Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik Statistik dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya

Machali, Imam (2015) STATISTIK Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik Statistik dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Buku, Vol. 1 (Cet. 1). Kaukaba Dipantara, Yogyakarta.

[img]
Preview
Image (STATISTIK Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik Statistik dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya)
COVER - Buku Statistik Manajemen Pendidikan - Imam Machali.png - Cover Image

Download (21kB) | Preview
[img] Archive (STATISTIK Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik Statistik dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya)
Imam Machali - Buku Statistik Manajemen Pendidikan.pdf - Other
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only until 30 April 2017.

Download (17MB)

Abstract

Setiap mengawali proses pembelajaran mata kuliah Statistik—dipertemuan perdana—pertanyaan yang selalu penulis ajukan adalah bagaimana “bayangan” mahasiswa jika mendengar kata “statistik”?, dan bagaimana pendapat, persepsi, dan pandangannya tentang mata kuliah statistik. Jawaban dari pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berpandangan bahwa statistik adalah berhubungan dengan angka-angka matematika yang sangat rumit, rumus-rumus yang sulit difahami, sangat membosankan, membingungkan, menjenuhkan, stres, dan bahkan terdapat pndangan bahwa statistik tidak memiliki banyak arti, menghabiskan waktu, memubadzirkan waktu. Pandangan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sebab tidak banyak dari kita yang memang benar-benar merasakan manfaat mempelajari statistik— kecuali target mendapatkan nilai baik (lulus). Selain itu—sampai saat ini— teknik, metode, dan strategi pembelajaran statistik kurang bervariasi, kurang memberikan motivasi, dan sangat teoritis-manual. Survey dan pengamatan penulis terkait dengan pembelajaran statistik menunjukkan bahwa pertama, sebagian besar pembelajaran statistik dilakukan dengan cara manual dengan berbagai varian rumus-rumus statistik. Kedua, pembelajaran statistik yang dilakukan kurang memanfaatkan alatbantu, fasilitas, aplikasi/software statistik yang memudahkan kita menyelesaikan berbagai pesoalan statistika—yang terus berkembang dan menarik. Ketiga, kekurang tepatan “orientasi” pembelajaran statistik yang dilakukan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Statistik, pendidikan
Subjects: Statistik
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Feb 2017 13:40
Last Modified: 17 Feb 2017 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item View Item