PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI SKRIPSI

ANGGA RIANINGSIH, NIM. 11481007 (2016) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI SKRIPSI)
11481007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI SKRIPSI)
11481007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar Siswa Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari, Imogiri. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus analisis Regresi Linear Sederhana atau sering disingkat dengan SLR (Simple Linear Regression). Data hasil penelitian ini berupa data peran orang tua dan prestasi belajar siswa. Data peran orang tua diperoleh dari angket yang telah diisi oleh orang tua sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari hasil nilai UTS dan UAS siswa. Data diperoleh dari 26 siswa kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari, Imogiri. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, dalam penelitian ini yang bertindak sebagai variabel bebas adalah peran orang tua (X) sedangkan yang bertindak sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y) Berdasarkan perhitungan uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel (X) peran orang tua dan variabel (Y) Prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan sebesar 3,525 dibandingkan dengan (df = 26) yaitu 2.056 taraf signifikan 5%, jadi Jika maka Ha diterima dan Ho di tolak. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y= - 0,142+1,029X. Setelah diketahui sebesar 0,584 dan koefisien determinan sebesar 34,10% dibulatkan (34%). Artinya masih ada variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang memungkinkan memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:03
Last Modified: 20 Feb 2017 01:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item