UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO KULON PROGO

SOFIA AMALIA, NIM. 12480013 (2016) UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO KULON PROGO)
12480013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO KULON PROGO)
12480013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Kepala Madrasah merupakan figure utama yang memiliki tanggung jawab besar atas terselenggarakannya program kegiatan pendidikan di madrasah. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, kepala MI Muhammadiyah Serangrejo dihadapkan pada problematika kurang optimalnya kinerja yang dihasilkan oleh guru. Hal ini disebabkan antara lain karena banyaknya tugas guru yang tidak hanya sebagai pendidik, serta kurangnya motivasi yang dimiliki mereka. Penelitian ini difokuskan pada persoalan upaya kepala madrasah dalam pengelolaan kinerja guru serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapinya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan fokus penelitian, maka temuan penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) upaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan kinerja guru, dengan cara memberikan rasa hormat secara adil, memberikan informasi yang harus dikerjakan, menjadi tauladan bagi guru, memberikan hukuman kepada guru yang melanggar aturan, memberikan perintah atau tugas secara resmi, dan interaksi perasaan antara kepala madrasah dan guru (2) faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru. Faktor pendukung yaitu: adanya kerjasama yang baik dari guru, adanya rasa saling membutuhkan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kepala madrasah yang merasa kesulitan memahami karakter guru, kepala madrasah yang merasa kesulitan memotivasi guru yang lebih tua, adanya guru yang kurang merespon dan terbatasnya saran dan prasarana yang ada di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulon Progo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedyo Santoso, S.S., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Kinerja Guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:22
Last Modified: 20 Feb 2017 01:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24053

Actions (login required)

View Item View Item