UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

LAILI NUR AINI, NIM. 12480019 (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12480019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12480019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah: (1) Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, (2) Pembelajaran Akidah Akhlak cenderung monoton sehingga siswa merasa jenuh, bosan dan malas, (3) Siswa terlihat diam seperti memperhatiakan tetapi konsentrasinya sudah beralih pada yang lain sehingga ketika ditanya apa yang dijelaskan oleh guru kebanyakan siswa tidak faham. Metodologi penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas atau suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan dan refleksi. Tahapan dalam kelas secara garis besar ada empat langkah, yaitu pengembangan Plan (perencanaan), Act (tindakan), observe (pengamatan), dan Reflect (perenungan), yang dilakukan secara intensif dan sistematik Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran Akidah Akhlak dimulai dengan pembuatan RPP yang mengacu pada silabus dan kurikulum standar nasional guru, agar terjadi suatu proses belajar yang optimal sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. (2) Penghambat yang dihadapi oleh guru antara lain: probem teknis pembelajaran, problem linieritas, problem rangkap jabatan. Sedangkan pendukungnya adalah media pmbelajaran yang memadai, fasilitas perpustakaan yang lengkap, dan ruang kelas yang nyaman untuk belajar mengajar, (3) Hasil peningkatkan belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan yaitu meningkat yang awalnya Bab Kalimat Toyyibah berjumlah 28% kemudian pada Bab Asma‟ul Husna mengalami peningkatan menjadi 5% dan pada Bab beriman kepada Malaikat meningkat menjadi 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya S.N, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pembelajaran Akidah Akhlak, Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:27
Last Modified: 20 Feb 2017 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24054

Actions (login required)

View Item View Item