PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

MOCH FAISAL HIDAYAT, NIN. 12480048 (2016) PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kebijakan pemerintah mengenai program wajib belajar pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mencapai pendidikan bagi semua (education for all). Dalam dunia terdapat delapan standar nasional pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Delapan standar tersebut adalah Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan. Sebagai upaya untuk mewujudkannya, pemerintah memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu jalannya kegiatan belajar mengajar di lembaga-lembaga pendidikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengelolaan dana BOS untuk kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di MI Sultan Agung (2) bagaimana peran dana BOS untuk kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di MI Sultan Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Informan dalam pengambilan data yaitu kepala madrasah, bendahara BOS, bendahara umum, pelatih ekstrakurikuler, dan wakil kepala bidang kesiswaan. Proses analisis data menggunakan analisis data yang dikembangkan Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display, dan conclution drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk kegiatan ekstrakurikuler di MI Sultan Agung sleman yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 meliputi tiga tahap pengelolaan, yaitu tahap penerimaan, tahap penggunaan, dan tahap evaluasi. Peran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk kegiatan ekstrakurikuler di MI Sultan Agung meliputi lima aspek, yaitu honorarium pelatih/Pembina, akomodasi berupa pengadaan makanan dan snack, pengadaan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan ekstrakurikuler, serta biaya kejuaraan berupa biaya pendaftaran, dan biaya transportasi lomba, biaya pelatihan berupa pelatihan pembina pramuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: pengelolaan dana BOS, Kegiatan ekstrakurikuler
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:32
Last Modified: 20 Feb 2017 01:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24055

Actions (login required)

View Item View Item