AL ASALIB AL LUGHAWIYYAH FI MASRIHIYYAH HADATHAH KHAT AL ISTIWA LI MUHAMMAD HASAN ABDULLAH (DIRASAH TAHLILIYYAH USLUBIYYAH)

SAIRUL HASAN, NIM. 12110001 (2016) AL ASALIB AL LUGHAWIYYAH FI MASRIHIYYAH HADATHAH KHAT AL ISTIWA LI MUHAMMAD HASAN ABDULLAH (DIRASAH TAHLILIYYAH USLUBIYYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL ASALIB AL LUGHAWIYYAH FI MASRIHIYYAH HADATHAH KHAT AL ISTIWA LI MUHAMMAD HASAN ABDULLAH (DIRASAH TAHLILIYYAH USLUBIYYAH))
12110001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL ASALIB AL LUGHAWIYYAH FI MASRIHIYYAH HADATHAH KHAT AL ISTIWA LI MUHAMMAD HASAN ABDULLAH (DIRASAH TAHLILIYYAH USLUBIYYAH))
12110001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Naskah drama “Haditsah Khat Al-Istiwa” merupakan salah satu karya sastra yang dikarang oleh Muhammad Hasan Abdullah. Naskah drama ini berisi perdebatan antara filsuf dan seorang sufi tentang hakikat kebenaran. Perdebatan dalam naskah drama tersebut menggunakan gaya bahasa yang sangat variatif sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui sekaligus memahami gaya bahasa yang terdapat dalam naskah drama “Haditsah Khat Al-Istiwa” beserta efek yang ditimbulkannya. Untuk menganalisis gaya bahasa dalam naskah drama tersebut dibutuhkan sebuah teori yang tepat. Adapun teori yang tepat untuk mengkajinya yaitu Stilistika. Stilistika disebut sebagai ilmu yang mengkaji tentang gaya (style). Selain itu, Stilistika juga merupakan kajian terhadap wujud performansi kebahasaan, khususnya yang terdapat dalam karya sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa naskah drama “Haditsah Khat Al- Istiwa” karya Muhammad Hasan Abdullah, menggunakan berbagai gaya bahasa antara lain: 1). Gaya bahasa berdasarkan pilihan kata/diksi. 2). Gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat seperti Klimaks, Antiklimaks, dan Repetisi. 3). Gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna, gaya bahasa ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Retoris terdiri dari Asindeton, Polisindeton, Elipsis, Litotes, Perifrasis, dan Hiperbola; dan Kiasan terdiri dari Simile, Metafora, Personifikasi, Antonomasia, Sarkasme, dan Satire. Selain itu, dalam naskah ini juga menimbulkan berbagai macam efek seperti estetik, kesopanan, penghormatan dan lain sebagainya. Kata kunci: Muhammad Hasan Abdullah, Haditsah Khat Al-Istiwa, Drama, Stilistika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Muhammad Hasan Abdullah, Haditsah Khat Al-Istiwa, Drama, Stilistika.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2017 14:36
Last Modified: 22 Feb 2017 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum