MUSHKILAT TARJAMAT AL MUSTALAHAT AL SUFIYYAH FI KITAB AL TARIQ ILALLAH LI AL DOKTUR 'ALI JAM'AH (DIRASAH FI AL TARJAMAH)

ALMATOROH SHOLIHAH, NIM. 12110078 (2016) MUSHKILAT TARJAMAT AL MUSTALAHAT AL SUFIYYAH FI KITAB AL TARIQ ILALLAH LI AL DOKTUR 'ALI JAM'AH (DIRASAH FI AL TARJAMAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MUSHKILAT TARJAMAT AL MUSTALAHAT AL SUFIYYAH FI KITAB AL TARIQ ILALLAH LI AL DOKTUR 'ALI JAM'AH (DIRASAH FI AL TARJAMAH))
12110078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MUSHKILAT TARJAMAT AL MUSTALAHAT AL SUFIYYAH FI KITAB AL TARIQ ILALLAH LI AL DOKTUR 'ALI JAM'AH (DIRASAH FI AL TARJAMAH))
12110078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (864kB)

Abstract

Kitab al-thoriq ila Allah karyasyekh Ali Jumah merupakan kitab tasawuf. Seperti layaknya kitab tasawuf lain, kitab ini berisi tentang metode seorang salik menuju tuhannya dan bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh untuk sampai pada Allah melalui beberap ametode yang dipaparkan oleh Syeih Ali Jum’ah dengan jelas dan runtut. Dalam semua kitab tasawuf terkhusus kitab ini akan banyak ditemukan istilah-istilah tasawuf yang masing-masing memiliki makna. Untuk mengetahui makna asalnya peneliti dapat mencari dalam kamus Arab sedangkan untuk mengetahui penjelasan yang sesuai dengan ilmu tasawuf maka maka peneliti mencari istilah tersebut dalam buku-buku tasawuf terutama kitab Al-thoriq ila Allah. Titik fokus penelitian ini adalah mencari makna istilah-istilah tasawuf dalam kamus Arab dan kitab tasawuf (al-Thoriq ila Allah ) sehingga akan diketahui perubahan makna antara keduanya dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut. Adapun untuk melangkah pada analisis terlebih dahulu peneliti menerjemahkan kitab tersebut agar menegetahui jumlah istilah yang terdapat tersut dan makna masing-masing istilah. Kemudian dianilisis menggunakan pisau bedah ilmu dalalah. Adapun metode yang digunakan berupa kajian pustaka (library research). Sedangkan sifat dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik yakni penelitian yang dilakukan dengan cara menyajikan data dan fakta kemudian menganalisisnya secara sistematis. Berdasarkan hasil analisis dalam kitab ini dapat diketahui ada 47 istilah tasawuf yang masing-masing memiliki perubahan makna antara kamus Arab dan ilmutasawuf (kitabal-thoriqila Allah), perubahan makna tersebut meliputi tahsis almakna berupa 27 istilah, ta’mim al-makna berupa 4 istilah dan intiqol al-makna. berupa 16 istilah. Perubahan makna tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, adapun faktor yang mempengaruhinya adalah al-ijtimaiyah wa al tsaqofiyah, al-tarihiyahwa al khadhorohsertaal-hajjahila al-tasmiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr, UKI SUKIMAN, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: MUSHKILAT, TARJAMAT, AL MUSTALAHAT AL SUFIYYAH, KITAB AL TARIQ ILALLAH, AL DOKTUR 'ALI JAM'AH
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Feb 2017 01:41
Last Modified: 24 Feb 2017 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24093

Actions (login required)

View Item View Item