SHAKHSIYYAH 'AM ABDUH FI AL QISSAH AL QASIRAH AL 'ALAM AL DAYYIQ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD)

HENI ALLIANA, NIM. 12110090 (2016) SHAKHSIYYAH 'AM ABDUH FI AL QISSAH AL QASIRAH AL 'ALAM AL DAYYIQ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAH 'AM ABDUH FI AL QISSAH AL QASIRAH AL 'ALAM AL DAYYIQ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD))
12110090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAH 'AM ABDUH FI AL QISSAH AL QASIRAH AL 'ALAM AL DAYYIQ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD))
12110090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Shakhshiyyatu ‘Am Abduh fi Al-Qishah Al- Qashirah “ Al-‘Alam Adh-Dhayyiq” (Dirasah Tahliliyyah Nafsiyah li Sigmund Freud).”Cerpen ini merupakan salah satu cerpen dalam antalogi cerpen Najib Al- Kailani yang berjudul Al-‘Alam Ad-Dhayyiq. Melalui cerpen ini, Najib Al-Kailani bercerita tentang sebuah konflik dalam kehidupan berkeluarga. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pembahasan pada kepribadian ‘Am Abduh. Peneliti menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk memahami aspek-aspek kejiwaan yang ada pada diri sang tokoh utama. Untuk memahami secara mendetail kepribadian yang dimiliki oleh tokoh ‘Am Abduh dalam cerpen tersebut, maka peneliti memilih teori psikoanalisis Sigmund Freud sebagai pisau bedah analisispsikologinya dan teori Strukturalisme Robert Stanton sebagai pisau bedah analisis unsur intrinsiknya. Dalam kehidupan tidak jarang ditemui konflik antar sesama. Begitu juga yang dialami oleh tokoh ‘Am Abduh dalam cerpen Al-‘Alam Ad-Dhayyiq. Hubungan ‘Am Abduh dengan istridan anaknya yang kurang harmonis menimbulkan konflik bagi diri‘Am Abduh. Konflik yang dialami ‘Am Abduh menimbulkan konflik batin yang mengakar dalam hatinya. Hal tersebut diakibatkan oleh ketidakseimbangan antara id, ego dan superego. Id yang ada pada diri tokoh utama adalah keinginannya untuk menjadi kepala keluarga yang ideal yaitu sanggup memenuhi kebutuhan keluarga dan mampu mengayomi keluarganya. Adapun ego yang ada pada diri tokoh utama adalah pergi keluar rumah menuju jalan untuk membeli makanan dan bersabar menanti kedatangan tukang pos membawa cek dari Fatkhy. Sedangkan super ego yang dimiliki‘Am Abduh adalah kasih sayang yang besar terhadap keluarganya dan bersabar dalam mmenghadapi istirinya. Di antara id dan ego dalam diri ‘Am Abduh id lebih mendominasi daripada ego. Mekanisme pertahanan ego yang dilakukan oleh tokoh ‘Am Abduh untuk menanggulangi kecemasan dirinya adalah represi dan fixas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Shakhshiyyatu ‘Am Abduh fi Al-Qishah Al- Qashirah “ Al-‘Alam Adh-Dhayyiq” (Dirasah Tahliliyyah Nafsiyah li Sigmund Freud).”Cerpen ini merupakan salah satu cerpen dalam antalogi cerpen Najib Al- Kailani yang berjudul Al-‘Alam Ad-Dhayyiq. Melalui cerpen ini, Najib Al-Kailani bercerita tentang sebuah konflik dalam kehidupan berkeluarga.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:33
Last Modified: 27 Feb 2017 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum