MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI STUDENTPRENEUR ACADEMY YOGYAKARTA

RACHMAWAT I SLAMET, NIM 09230011 (2016) MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI STUDENTPRENEUR ACADEMY YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI STUDENTPRENEUR ACADEMY YOGYAKARTA)
09230011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI STUDENTPRENEUR ACADEMY YOGYAKARTA)
09230011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (822kB)

Abstract

Studentpreneur Academy adalah sebuah komunitas dan pelatihan kewirausahaan yang lokasinya di jalan Balirejo No.32 kelurahan Mujamuju kecamatan Umbulharjo kabupaten Sleman Yogyakarta yang berdiri pada tanggal 28 Desember 2015. Pendirinya adalah Ahmad Zakaria mantan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang sukses membangun komunitas kewirausahaan di Yogyakarta. Banyak menciptakan generasi muda yang sudah memiliki usaha sendiri sesuai bidangnya. Program-programnya yaitu: Class Bisnis, Sharing Usaha, Pelatihan Kewirausahaan, Kunjungan Usaha, Seminar Enterpreneur dan Workshop. Berdasarkan hal tersebut Studentpreneur Academy dapat membangun motivasi kewirausahaan mahasiswa untuk meningkatkan kemandirian. Fokus penelitian ini untuk mengkaji proses membangun motivasi kewirausahaan mahasiswa untuk meningkatkan kemandirian di Studentpreneur Academy Yogyakarta serta mendiskripsikan dampak dari membangun motivasi kewirausahaan mahasiswa yaitu menciptakan generasi muda yang sudah memiliki usaha sendiri dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan purposive dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pendiri, pengurus, peserta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses program Studentpreneur Academy dapat membangun motivasi kewirausahaan mahasiswa terdapat lima proses program Studentpreneur Academy, yaitu Pertama, Class Bisnis ini diadakan dua minggu sekali untuk menambah wawasan wirausaha dan praktek wirausaha sesuai bidangnya. Kedua, Sharing usaha ini mahasiswa dapat sharing dengan pengusaha langsung yang sudah memiliki usaha. Ketiga, Kunjungan usaha ini bertujuan berkunjung ditempat pengusaha. Keempat, Pelatihan kewirausahaan disini melatih mereka skill (keterampilan) sesuai bidang yang diinginkan mahasiswa. Kelima, Seminar Enterpreneur dan Workshop forum bertemu langsung dengan pengusaha-pengusaha besar yang berkopetensi di bidangnya. Dampak membangun motivasi kewirausahaan mahasiswa di Studentpreneur Academy yaitu menciptakan lapangan pekerjaan, serta menghasilkan pendapatan ekonomi bagi mahasiswa yang berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto S. Sos, M. Si
Uncontrolled Keywords: Membangun motivasi kewirausahaan mahasiswa, Program Studentpreneur Academy
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2017 15:30
Last Modified: 23 Feb 2017 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum