PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA DI DESA WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL

HENDRIK BASGUNI SUKENDAR, NIM. 12230008 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA DI DESA WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA DI DESA WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL)
12230008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA DI DESA WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL)
12230008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana strategi yang dilakukan oleh Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta dalam melakukan pemberdayaan masyarakat miskin melalui peningkatan layanan kesehatan di Desa Wukirsari, bagaimana hasil yang diperoleh dalam proses pemberdayaan masyarakat miskin di Desa Wukirsari. Topik ini dipilih karena kesehatan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat miskin, sebagaimana yang dilakukan oleh Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta di Desa Wukirsari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, yaitu bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang ada di lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan informan atau sumber data peneliti menggunakan teknik purposive yaitu snowball, teknik pengambilan sampel sumber data, sebagai informan awal dipilih secara purposive, yang pada awal jumlahnya sedikit, lama kelamaan menjadi banyak. Kemudian validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan. Membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Hasil penelitian terhadap pemberdayaan masyarakat miskin oleh Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta di Desa Wukirsari adalah ada beberapa strategi yang dilakukan yaitu kepesertaan, membentuk kader sehat, layanan kesehatan, pelatihan, penyuluhan, advokasi kesehatan dan kemitraan (partnership) untuk memperoleh dukungan sosial (social support). Hasil pemberdayaan melalui peningkatan layanan kesehatan yang telah dilakukan Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta adalah meningkatnya kesadaran masyarakat Desa Wukirsari terhadap pentingnya menjaga kesehatan, kemudian masyarakat juga selalu aktif dalam setiap kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUYANTO, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, RSB Yogyakarta, Desa Wukirsari
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2017 13:15
Last Modified: 24 Feb 2017 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24143

Actions (login required)

View Item View Item