PENGARUH PEMBIAYAAN, LAMA USAHA, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM NASABAH PEMBIAYAAN PT. BRI SYARIAH YOGYAKARTA

Chomsatun Munawaroh, NIM : 12820069 (2016) PENGARUH PEMBIAYAAN, LAMA USAHA, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM NASABAH PEMBIAYAAN PT. BRI SYARIAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBIAYAAN, LAMA USAHA, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM NASABAH PEMBIAYAAN PT. BRI SYARIAH YOGYAKARTA)
12820069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBIAYAAN, LAMA USAHA, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM NASABAH PEMBIAYAAN PT. BRI SYARIAH YOGYAKARTA)
12820069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. UMKM mampu bertahan di tengah krisis yang pernah melanda Indonesia pada tahun 1997, dan bahkan sampai saat ini. Namun sekitar 82% dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih bermasalah ketika mengakses dana eksternal. Sebab, pelaku usaha ini kurang jaminan dan memiliki risiko gagal kredit yang tinggi. Keberadaan Bank Syariah sebagai penyalur dana sangat membantu dalam kegiatan usaha agar tetap berjalan bahkan lebih maju sehingga pendapatan pelaku UMKM bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan, lama usaha, dan pendampingan terhadap pendapatan UMKM nasabah pembiayaan PT. BRI Syariah Yogyakarta. Dengan tehnik pengambilan sampel purposive sampling yakni pengambilan sampel terbatas pada orang tertentu yang dapat memberikan data yang diinginkan, atau memenuhi beberapa kriteria tertentu, sampel yang didapatkan sebanyak 60 nasabah yang menjadi responden. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa variabel pembiayaan, lama usaha, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM nasabah pembiayaan PT. BRI Syariah Yogyakarta dan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa bahwa variabel pembiayaan, lama usaha, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM nasabah pembiayaan PT. BRI Syariah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Joko Setyono, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, Lama Usaha, Pendampingan
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2017 14:39
Last Modified: 24 Feb 2017 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24161

Actions (login required)

View Item View Item