AGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEMBUHAN PASIEN (Studi Kasus Bimbingan Rohani Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen)

Rifki Rostanti, NIM. 09520008 (2016) AGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEMBUHAN PASIEN (Studi Kasus Bimbingan Rohani Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEMBUHAN PASIEN (Studi Kasus Bimbingan Rohani Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen))
09520008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (AGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEMBUHAN PASIEN (Studi Kasus Bimbingan Rohani Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen))
09520008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)

Abstract

Sebuah penelitian di Barat mengungkapkan bahwa 70% sakit yang diderita manusia disebabkan oleh masalah psikologis. Dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik berkaitan erat dengan kondisi psikis. Berdasarkan fakta inilah beberapa Rumah Sakit menyediakan layanan Bimbingan Rohani sebagai penunjang metode penyembuhan selain tindakan medis. Salah satu Rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Sruweng. Bimbingan rohani yang dilakukan di Rumah Sakit ini selain yang bersifat untuk memotivasi pasien, juga bersifat keagamaan (motivasi dari sudut pandang agama). Pasien akan diberi bimbingan keagamaan (seperti anjuran bersabar, tawakkal, memperbanyak ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan, dan lainlain). Penelitian ini akan mengkaji bagaimana agama dapat memotivasi pasien untuk mengadapi penyakitnya, dan bagaimana rangkaian (proses) Bimbingan Rohani itu dilakukan oleh pihak bina rohani Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Sruweng. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan sumber data primernya Pasien, Bina Rohani (Rohaniawan), Tenaga Medis, Karyawan Rumah Sakit, serta pihak keluarga pasien. Adapun sumber sekundernya antara lain, buku-buku, jurnal, majalah, catatan, surat kabar, foto, dan sebagainya yang terkait dengan bimbingan rohani sebagai objek material penelitian. Proses bimbingan rohani di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng dikaji lebih dalam dengan pendekatan psikologi agama dan menggunakan teori psikoterapi agama Dadang Hawari untuk melihat jalannya proses bimbingan rohani dalam membantu pasien agar lekas sembuh. Dari penelitian ini ditemukan jawaban bahwa proses bimbingan rohani dalam membantu pasien dalam menangani keadaannya. Bimbingan rohani ternyata memiliki implikasi kepada peningkatan kesembuhan dan motivasi pasien untuk sembuh. Adanya bimbingan rohani pada pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng sebagai bentuk upaya rumah sakit untuk membantu pasien agar ada peningkatan kesembuhan. Bimbingan rohani di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng diberikan secara langsung, yaitu pihak bina rohani mengunjungi bangsal (kamar pasien) dan memberikan materi yang berupa ajaran agama seperti akidah, akhlak, fikih, dzikir dan ajakan agar tidak putus asa akan rahmat Tuhan serta untuk terus berusaha dan berdoa dengan tetap mengingat keagungan Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sekar Ayu Aryani, MA
Uncontrolled Keywords: Agama, Bimbingan Rohani
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:03
Last Modified: 22 Mar 2017 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum