AI Qishshoh AI Qashiroh Adab Am Qil/atu AI Adab Li Nawal Assa 'adawi (Dirosah Tahliliyyah Binyawiyyah Takwiniyyah)

Athiyyatu Robbil Izzati, NIM. I2110084 (2017) AI Qishshoh AI Qashiroh Adab Am Qil/atu AI Adab Li Nawal Assa 'adawi (Dirosah Tahliliyyah Binyawiyyah Takwiniyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AI Qishshoh AI Qashiroh Adab Am Qil/atu AI Adab Li Nawal Assa 'adawi (Dirosah Tahliliyyah Binyawiyyah Takwiniyyah))
12110084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AI Qishshoh AI Qashiroh Adab Am Qil/atu AI Adab Li Nawal Assa 'adawi (Dirosah Tahliliyyah Binyawiyyah Takwiniyyah))
12110084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Cerpen Adab Am Qillatu Al Adab Karya Nawal As Saadawi (Teori Analisis Strukturalisme Genetik). Cerpen ini banyak memiliki permaslahan yang dialami oleh Hero Problematik berupa pencarian nilai kebenaran atas penurunan mutu kehidupan manusia terutama dunia perempuan. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan makna-makna dari hubungan teks dengan masyarakat tempat karya sastra tersebut dilahirkan. Penelitian terhadap cerpen Adab Am Qillatu Al Adab dalam antologi cerpen Laysa Lahaa Makaanun Fil Jannah karya Nawal As Saadawi ini, peneliti menggunakan teori analisis strukturalisme genetik Goldmann. Sebagai sebuah ragam dari teori sosiologi sastra, strukturalisme genetik Goldmann terdiri dari beberapa kategori teoritis, yaitu struktur karya sastra, fakta kemanusiaan, subjek kolektif, pandangan dunia pengarang. Analisis cerpen ini dilakukan dengan memberikan perhatian pada struktur cerpen yang mendua dan penuh ambiguitas yang terdapat dalam karya sastra. Hasil analisis dari penelitian ini adalah ditemukannya struktur cerpen yang berhubungan dengan materialisme historis dan subjek yang melahirkannya lewat unsur-unsur yang membangun teksnya. Tokoh ‘aku’ dan ‘sahabat’ merupakan hero problematik dalam budaya patriarkhi yang mencoba mencari nilai-nilai kebenaran dalam kehidupan. Kemudian pandangan dunia pengarang adalah sebagai pembaharu yang menyuarakan kritiknya terhadap sistem ekonomi kapitalis dalam pemerintahan yang anti kritik. Kata kunci: Adab Am Qillatu Al Adab, Struktur Cerpen, Strukturalisme Genetik Goldmann

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan
Uncontrolled Keywords: Adab Am Qillatu Al Adab, Struktur Cerpen, Strukturalisme Genetik Goldmann
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:58
Last Modified: 30 Mar 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum