PENGARUH PERAYAAN KHATAMAN TERHADAP ORIENTASI, SIKAP, DAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi Atas Perayaan Khataman Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang)

Aba Charis, NIM. 12520055 (2016) PENGARUH PERAYAAN KHATAMAN TERHADAP ORIENTASI, SIKAP, DAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi Atas Perayaan Khataman Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERAYAAN KHATAMAN TERHADAP ORIENTASI, SIKAP, DAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi Atas Perayaan Khataman Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang))
12520055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERAYAAN KHATAMAN TERHADAP ORIENTASI, SIKAP, DAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi Atas Perayaan Khataman Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang))
12520055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (932kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Perayaan Khataman Terhadap Orientasi, sikap, dan perilaku keagamaan (Study Atas perayaan Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang) ini dilakukan dengan tujuanuntuk mengetahui bagaimana bentuk acara perayaan khataman di pondok pesantren ini, bagaimana riwayat keagamaan pencetus acara khataman di pondok pesantren ini, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perayaan khataman terhadap orientasi, sikap, dan perilaku keagamaan orang-orang yang terlibat di dalam acara perayaan khataman ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan ilmu psikologi agama. Data yang sudah diperoleh terdiri dari dua data yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Kyai selaku pengasuh pondok pesantren, ketua pondok, panitia khataman, pengisi acara, sebagian santri, dan sebagian masyarakat dandata sekunder yang didapatkan dari dokumentasi berupa buku-buku, catatan lapangan, foto dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian orang-orang yang terlibat dalam acara perayaan khataman. Selanjutnya data yang sudah didapatkan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan yang terakhir verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori milik Raymond, F Paloutzian yaitu mengenai orientasi, sikap, dan perilaku keagamaan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) acara perayaan khataman merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai rasa syukur atas terselesainya para santri belajar di pondok pesantren selama satu tahun dengan meminta do’a dari para ulama’, sesepuh, dan para kyai agar ilmu yang sudah didapatkan diberi keberkahan, selain diisi dengan kegiatan keagamaan acara khataman di pondok pesantren ini juga diisi dengan pagelaran seni dan budaya dengan tujuan berdakwah2)Bapak Ahmad Muhammad merupakan putra ke dua dari KH Chudlori yaitu pendiri pondok pesantren ini, dalam meneruskan pesantren yang diwariskan oleh ayahnya Bapak Muhammad lebih menggunakan media kesenian dan kebudayaan untuk menyebarkan agama Islam sebagai mana yang dilakukan oleh walisongo dengan sasaran masyarakat yang masih abangan yang ilmu agamanya masih kurang, 3) Orientasi pencetus acara khataman termasuk orientasi intrinsik karena tujuan beliau mendirikan pagelaran kesenian dan kebudayaan sebagai pendukung acara khataman bertujuan untuk dakwah yaitu menyebarkan agama Islam. Selain itu beliau juga sangat taat dalam beribadah dan mujahadah. Orientasi orang-orang yang terlibat dalam acara khataman juga termasuk orientasi intrinsik karena dengan adanya perayaan khataman mereka selalu memperbaiki ibadah supaya lebih baik lagi dengan berusaha mengikuti keagamaan yang dilaksanakan oleh pondok pesantren ini agar pengetahuan agama mereka bertambah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Khataman, Keagamaan, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2017 11:16
Last Modified: 01 Mar 2017 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24203

Actions (login required)

View Item View Item