PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA N 3 KLATEN

SEPTIAN DIAN ANGGRAINI, NIM. 11680020 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA N 3 KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA N 3 KLATEN)
11680020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA N 3 KLATEN)
11680020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran : 1)Kooperatif tipe Take And Give, Kooperatif Tipe Take And Give disertai dengan metode Gallery of Learning dan Direct Instruction terhadap minat belajar biologi siswa dan 2)Kooperatif tipe Take And Give, Kooperatif Tipe Take And Give disertai dengan metode Gallery of Learning dan Direct Instruction terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif materi plantae. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X MIPA yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol (Direct Instruction), kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen I (Take And Give), dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen II (Take And Give disertai dengan metode Gallery of Learning). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Anova dan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Model pembelajaran (Take And Give, Take And Give disertai dengan metode Gallery of Learning dan Direct Instruction) berpengaruh terhadap minat belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikasi 0,00 0,05 (taraf signifikan (α 5 %)), 2) Model pembelajaran (Take And Give, Take And Give disertai dengan metode Gallery of Learning dan Direct Instruction) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikasi 0,00 0,05 (taraf signifikan (α 5 %)). Hasil uji Tukey menunjukkan bahwa a) Model pembelajaran Take And Give disertai dengan metode Gallery of Learning lebih berpengaruh meningkatkan hasil belajar daripada model pembelajaran Take And Give, b) Model pembelajaran Take And Give lebih berpengaruh meningkatkan hasil belajar daripada model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Take And Give, Gallery of Learning, minat dan hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:49
Last Modified: 27 Feb 2017 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum