PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS FLIPBOOK MAKER TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VII SMP/MTS

RIFQA DESTIYANA, NIM. 11680034 (2016) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS FLIPBOOK MAKER TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS FLIPBOOK MAKER TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VII SMP/MTS)
11680034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS FLIPBOOK MAKER TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VII SMP/MTS)
11680034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul IPA terpadu berbasis flipbook maker dengan tema pencemaran lingkungan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP dan mengetahui kualitas e-modul IPA terpadu yang telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Penelitian dibatasi pada tahap develop. Instrumen penelitian berupa lembar angket penilaian kualitas produk. Penilaian dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media, lima orang peer reviewer, tiga orang guru IPA dan 15 siswa kelas VIII. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas e-modul yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik (SB) menurut para ahli, peer reviewer dan guru IPA dengan presentase keidealan 77,2% dari ahli materi, 80,4% dari ahli media, 87,9% dari peer reviewer dan 91,1% dari guru IPA. Tanggapan siswa sangat setuju (SS) dengan pengembangan e-modul ini dengan persentase keidealan 91,05%. E-modul yang telah dikembangkan perlu diimplementasikan untuk mengetahui kelayakan produk, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti, M.Si,
Uncontrolled Keywords: e-modul, IPA terpadu, pencemaran lingkungan, dan flipbook maker
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:55
Last Modified: 27 Feb 2017 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum