Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara

Machali, Imam and Ainul Munawaroh, Fia (2014) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Jurnal An Nur, 6 (2). pp. 203-225. ISSN 2502-0587

[img]
Preview
Text (Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara)
Imam Machali - Manajemen pengembangan TPQ Jurnal An-Nur_Vol_6_N0_2_Des_2014.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview

Abstract

Abstrak Artikel ini mengkaji tentang Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya pendidik di TPQ Al-Hidayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya pendidik di TPQ Al-Hidayah dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu menentukan program, proses yang dibutuhkan lembaga, menyusun program, proses perencanaan pengembangan yang disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan TPQ, melaksanakan program, dan proses yang telah direncanakan, serta mengevaluasi pelaksanaan program yang telah dilaksanakan. Adapun faktor yang mendukung dalam pelaksanaannya adalah kuantitas sumber daya pendidik yang tidak terlalu banyak, motivasi yang tinggi baik dari kepala TPQ maupun dari asātiż serta berbagai dukungan dari masyarakat, Pemkab Jepara, dan dari lembaga Qiroati pusat. Sedangkan faktor yang menghambat adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh asātiż serta keterbatasan dana yang ada. Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan, Pendidik Abstract The article discussed about the management of improvement the teacher resources in the holy quran of islamic school Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. The aims of this article are to analize, and describe applycation management and improvement the teacher resources in the holy quran of islamic school Al-Hidayah. The results of the research indicates that applycation management and improvement the teacher rseources in the holy quran of islamic school Al-Hidayah is done in four phases: decide program is needed, arrange the planning of improvement related to the vision and mission of institute, apply the program, and the last is evaluate the applycation program. The support factors are the quality of the teacher ang good motivation from the teacher and the principal is very important, and of course supporting by dictric regency andthe center of Qiroati institute. The impede factors, they are the limit of time in teaching and the low fund of it. Keywords : Management, Improvement, Teacher

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan, Pendidik, Management, Improvement, Teacher.
Subjects: Manajemen
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Mar 2017 03:41
Last Modified: 08 Mar 2017 04:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item