PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PENDIDIKAN AGRICULTURE DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Budiyanto, Mangun and Machali, Imam (2014) PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PENDIDIKAN AGRICULTURE DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Karakter, 4 (2). pp. 109-122. ISSN 2527-7014

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PENDIDIKAN AGRICULTURE DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
Imam Machali - Pendidikan Karakter Pesantren Aswaja Piyungan - Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 2, Juni 2014.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
Official URL: http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2784

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pembentukan karakter mandiri melalui pendidikan pertanian (agriculture)di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima prinsip pembentukan karakter mandiri yang dikembangkan di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo yang pada umumnya menggunakan pembelajaran berbasis komunitas yang berangkat dari realitas alam dan kehidupan. Bentuk-bentuk karakter mandiri yang dikembangkan adalah disiplin dan bersungguh-sungguh, kemandirian dan kerja keras, religius, kebersamaan, peduli, kasih sayang, kesederhanaan, hormat, santun, tanggung jawab, jujur, dan ikhlas. Kesemuanya terbentuk dalam program-program pendidikan dan praktik pertanian (agriculture) yang dilaksanakan di pondok pesantren tersebut. Kata Kunci: karakter, mandiri, pertanian, dan pesantren aswaja SHAPING AUTONOMOUS CHARACTER THROUGH AGRICULTURAL EDUCATION AT PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA Abstract: this research aims at describing the shaping of autonomous character through agricultural education at Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. This is a qualitative study in the form of a case study. Data collection was conducted through observation, interview, and documentation. The data were analyzed using the interactive analysis technique. The findings show that there are five principles of shaping the autonomous character developed at Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo which generally use community- based learning rooted from the reality of nature and life. The forms of autonomous characters developed are discipline, seriousness, autonomy and hard work, religiosity, togetherness, care, love, modesty, respect, politeness, responsibility, honesty, and sincerity. All of these are shaped in the education programs and agricultural practices carried out in the pondok pesantren. Keywords: character, autonomous, agriculture, and pesantren aswaja

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: karakter, mandiri, pertanian, dan pesantren aswaja Keywords: character, autonomous, agriculture, and pesantren aswaja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:43
Last Modified: 28 Feb 2017 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum