PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI (Studi Pada MA NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN)

MUSRIPAH NIM: 03470616, pithenk (2012) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI (Studi Pada MA NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (133kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tugas kepala sekolah sebagai supervisor, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI, problem yang dihadapi serta cara penyelesaian yang ditempuh kepala sekolah terkait dengan upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, display data dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepala sekolah di MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin dan pengawas di sekolah belum terbiasa melakukan supervisi secara langsung di kelas. Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah hanya berbentuk pengamatan dari jauh dengan mengacu kepada pedoman supervisi yang ada dan melalui diskusi (individu dan kolektif) dan guru PAI di MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan belum menguasai kompetensi pedagogik secara menyeluruh. Masih terdapat beberapa aspek yang belum dikuasai oleh guru PAI terkait dengan kompetensi pedagogik guru, diantaranya adalah guru PAI di MA Nurul Huda Sukaraja tidak (terbiasa) membuat RPP sewaktu akan melaksanakan proses pembelajaran, tidak (terbiasa) menggunakan media dan metode pembelajaran secara variatif; (2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI diantaranya melalui pelaksanaan diskusi kelompok terbimbing yang diadakan satu bulan sekali, pendelegasian guru dalam bidang edukatif yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan-pelatihan baik menyeluruh maupun individu, memberikan penghargaan terhadap guru melalui kepercayaan kepala sekolah dengan wujud pemberian tambahan jam pelajaran, dan penyediaan sumber pembelajaran yang memadai, dan sebagainya; (3) Problem yang dihadapi sekolah diantaranya adalah: kurangnya kesadaran dari yang dimiliki sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini guru (termasuk guru PAI) dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya, belum tersedianya infrastruktur atau sarana prasarana pembelajaran yang memadai, dan kurangnya dana yang tersedia; (4) Cara-cara yang ditempuh kepala sekolah untuk mengatasi problem diatas adalah: pertama, dengan mengadakan perpustakaan guru dan menyediakan komputer di ruang guru dengan harapan agar guru termotivasi untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya; kedua, terkait dengan masalah dana dan penyediaan sarana prasarana, kepala sekolah meminta bantuan ke Departemen Agama RI, ke Kantor Wilayah, dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait, selain itu juga kepala sekolah mengambilkan dana dari sisa saldo operasional ujian (Tengah Semester, Semester dan Negara).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Supervisor, Meningkatkan, Kompetensi, Pedagogik, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2012 09:49
Last Modified: 03 Aug 2012 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item