PENGEMBANGAN APLIKASI TUTORIAL INTERAKTIF DALAM SMARTPHONE ANDROID PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANALISIS PESERTA DIDIK SMA/MA

AMRI SUKO DARMAWAN, NIM. 12690010 (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI TUTORIAL INTERAKTIF DALAM SMARTPHONE ANDROID PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANALISIS PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI TUTORIAL INTERAKTIF DALAM SMARTPHONE ANDROID PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANALISIS PESERTA DIDIK SMA/MA)
12690010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI TUTORIAL INTERAKTIF DALAM SMARTPHONE ANDROID PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANALISIS PESERTA DIDIK SMA/MA)
12690010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan aplikasi tutorial interaktif dalam smartphone android pada pokok bahasan kesetimbangan dan dinamika rotasi untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah analisis peserta didik SMA/MA, (2) mengetahui kualitas aplikasi tutorial interaktif dalam smartphone android pada pokok bahasan kesetimbangan dan dinamika rotasi untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah analisis peserta didik SMA/MA, serta (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan aplikasi tutorial interaktif dalam smartphone android pada pokok bahasan kesetimbangan dan dinamika rotasi untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah analisis peserta didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon siswa. Penilaian kualitas produk dan respon siswa menggunakan 4 skala likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan lembar keterlaksanaan produk menggunakan pernyataan deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu (1) Telah dikembangkan aplikasi tutorial interaktif dalam smartphone android pada pokok bahasan keseimbangan dan dinamika rotasi untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah analisis peserta didik SMA/MA dengan prosedur pengembangan four-D. Aplikasi ini dikembangkan dengan software pengembang aplikasi Adobe Flash Professional CS 6, (2) Kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru fisika SMA N 1 Sewon adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut 81,52%, 87,5%, dan 82,5%. (3) Respon peserta didik terhadap aplikasi tutorial interaktif pada uji produk awal sangat setuju (SS) dan pada uji utama setuju (S) dengan persentase keidealan masing-masing 84% dan 80,25%. Keterlaksanaan produk secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran fisika, Aplikasi tutorial interaktif, Android, Kesetimbangan dan dinamika rotasi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Feb 2017 15:53
Last Modified: 28 Feb 2017 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum