METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA

MUSYRIFAH NIM. 04410825, (2009) METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi atau pengamatan, dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Penerapan metode pembelajaran Aqidah Akhlak bertujuan agar anak mampu mengubah sikap dan prilaku menjadi lebih baik sesuai dengan aturan Islam serta dapat menerapkannya di kelas adalah metode keteladanan, metode teguran atau hukuman, metode kebiasaan dan metode yang sesuai. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) Kondisi siswa MTsN Wonokromo kurang konsentrasi karena adanya dua faktor yaitu intern dan ekstern . 2) Metode pembelajaran Aqidah Akhlak dalam penerapannya banyak pembelajaran yang sudah tercapai, karena menggunakan berbagai metode yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, keteladanan, pembiasaan, pemberian tugas, sosio drama, teguran dan hukuman, yang mampu menciptakan proses belajar mengajar lebih partisipasif dengan peserta didik aktif dan bersikap baik. 3) Usaha guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan memberikan hafalan dan penciptakan persaingan dalam belajar agar mempunyai nilai yang bagus. 4) Hasil yang dicapai dalam metode pembelajaran Aqidah Akhlak MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta diklasifikasikan menjadi dua ranah yaitu kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap). Hasil kognitif dan dari hasil metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta baik, hasil afektif, siswa melakukan kebiasaan seperti salat 5 waktu dan berjamaah tanpa adanya perintah dari orang tua. Dari hasil analisis di atas, bahwa pelaksanan metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta, terlihat selalu berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui metode yang telah disebutkan di atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Akidah, Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Aug 2012 18:17
Last Modified: 06 Aug 2012 18:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum