EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA

SHOFYQA ARRIZALAH, NIM. 12690027 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA)
12690027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA)
12690027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi dan variabel terikat berupa hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Bukateja tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrument pengambilan data berupa lembar soal pretest-posttest. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Berdasarkan nilai posttest, 97% peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar sama dengan 75 dan rata-rata N-Gain sebesar 0,95 berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode PBL, Paradigma Integrasi-Interkoneksi, Fluida Statis.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Mar 2017 10:47
Last Modified: 02 Mar 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum