PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA BAB SUHU KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOGNITIF SISWA MA AL-MA’HAD AN-NUR KELAS X BANTUL

SITI MAIMUNAH, NIM. 12690031 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA BAB SUHU KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOGNITIF SISWA MA AL-MA’HAD AN-NUR KELAS X BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA BAB SUHU KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOGNITIF SISWA MA AL-MA’HAD AN-NUR KELAS X BANTUL)
12690031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA BAB SUHU KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOGNITIF SISWA MA AL-MA’HAD AN-NUR KELAS X BANTUL)
12690031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian di MA Al-Ma’had An-Nur bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar kognitif siswa; 2) seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar kognitif siswa; 3) perbedaan antara kelas yang diberi model pembelajaran Treffinger dengan kelas yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang berupa model Treffinger dan variabel terikat yang berupa hasil belajar kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MA Al-Ma’had An-Nur Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, dan terpilih kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik nonparametrik menggunakan Mann Whitney U test serta normalized gain (N-gain) dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model Treffinger berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada bab Suhu dan Kalor dengan nilai Zhitung = 2,367 lebih besar dari nilai Ztabel (α = 0,025) = 1,96; 2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa MA Al-Ma’had An-Nur pada kelas eksperimen signifikansinya sangat rendah dengan nilai effect size sebesar 1,453. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol pada materi suhu dan kalor pada siswa MA Al-Ma’had An-Nur setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Treffinger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Model Treffinger, hasil belajar kognitif, suhu dan kalor.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Mar 2017 10:54
Last Modified: 02 Mar 2017 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum