EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE BRIDGING HEART AND MIND UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA

IRBABULLUBAB, NIM. 12690045 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE BRIDGING HEART AND MIND UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE BRIDGING HEART AND MIND UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
12690045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE BRIDGING HEART AND MIND UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
12690045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode Bridging Heart and Mind yang digunakan dalam menanamkan karakter siswa dan mengetahui peningkatan karakter dan kognitif siswa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experimental) dengan nonequivalen control design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan lembar tes. Penanaman karakter pada nilai religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, komunikatif, dan tanggung jawab. Subjek penelitian adalah 31 siswa XI IPA 1 dan 32 siswa XI IPA 2 MAN LAB UIN Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016. Data peningkatan kognitif di analisis dengan analisis deskriptif, sementara data penanaman dan peningkatan karakter siswa dianalisis berdasarkan penelitian kuantitatif. Keterlaksanaan metode pembelajaran dalam meningkatkan karakter dan kognitif siswa dapat dilihat dari nilai N-gain, adapun nilai Ngain untuk peningkatan kognitif adalah 0,67 dengan kriteria sedang sementara peningkatan karakter siswa adalah 0,61 dengan kriteria sedang. Adapun keterlaksanaan metode pembelajaran dalam menanamkan karakter siswa pada pembelajaran fisika yaitu 50% siswa memiliki nilai karakter 3,30 dari skala 4,00 dengan keterangan tinggi, 25% siswa meiliki nilai karakter 3,20 dari skala 4,00 dengan keterangan tinggi dan 25% siswa memiliki nilai karakter 3,45 dari skala 4,00 dengan keterangan sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan efektif dalam meningkatkan dan menanamkan karakter dan kognitif siswa MAN LAB UIN Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Karakter, Kognitif, Metode Bridging Heart and Mind
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Mar 2017 13:37
Last Modified: 02 Mar 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum