APLIKASI PENGAJARAN NAHWU DENGAN METODE ISTINBATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

NAHIZ HIZBI NIM. 04420909, (2009) APLIKASI PENGAJARAN NAHWU DENGAN METODE ISTINBATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (APLIKASI PENGAJARAN NAHWU DENGAN METODE ISTINBATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1229Kb)
[img] Text (APLIKASI PENGAJARAN NAHWU DENGAN METODE ISTINBATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246Kb)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pengajaran nahwu dengan metode istinbathiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat terhadap penerapan pengajaran nahwu dengan metode istinbathiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ali maksum Krapyak Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan manfaat kepada semua pihak yang berkecimpung di pengajaran nahwu umumnya, dan khususnya MTs Ali Maksum sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Dalam skripsi ini penulis hendak menggambarkan tentang aplikasi pengajaran nahwu dengan metode Istinbathiyah yaitu pengajaran yang dilakukan secara induksi yang diawali contoh-contoh, membandingkan contoh-contoh tersebut kemudian masuk kepada pembahasan atau kaidah-kaidah di MTs Ali Maksum.Latar belakang penelitian ini adalah idealnya guru nahwu banyak memberikan contoh-contoh sebelum masuk ke pembahasan kemudian menyimpulkan bersama-sama dengan siswa. Akan tetapi dari hasil pra survai di MTs Ali Maksum, ternyata Seorang guru dalam pengajaran nahwu di MTs Ali Maksum menggunakan kaidah-kaidah dahulu sebelum masuk ke pembahasan, kemudian baru contoh-contoh.Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta .Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Interview,observasi, dokumentasi dan angket, sedangkan analisis yang penulis gunakan adalah dengan menggunakan beberapa langkah yaitu menggunakan konsep analisis Mattew B. Miles dan A. Huberman Haberman yang terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, analisis tersebut sudah ada sejak pengumpulan data sampai dengan penyimpulan. Dalam penelitian ini juga penulis menggunakan cara berfikir secara induktif dan deduktif . Adapun hasil dari penelitian ini berdasrkan data yang diperoleh dan analisis terhadapnya dapat disimpulkan sebagai berikut : (1). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengajaran nahwu dengan menggunakan metode Istinbathiyah di kelas VIII MTs Ali Maksum sudah berjalan dengan baik. (2). Faktor pendukung terhadap pengajaran nahwu di kelas VIII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta adalah: Siswa sudah mempunyai dasar-dasarnya dalam mempelajari bahasa arab sehingga memudahkan dalam proses pengajarannya, siswa MTs Ali Maksum adalah santri yang tinggal dipondok pesantren, karena dipondok pesantren diajarkan juga Nahwu dan adanya materi atau pelajaran lain yang dapat dikaitkan dengan pelajaran Nahwu seperti Shorof, Mumarosah dan lainnya. Sedangkan faktor yang menghambat dalam penerapan metode Istinbathyah di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, antara lain: Kemampuan siswa yang sangat beragam, Waktu yang diberikan untuk jam pelajaran Nahwu sedikit, dan Pelajaran nahwu tidak dimasukan dalam ujian Akhir Nasional (UAN) sehingga siswa lebih mementingkan pelajaran-pelajaran yang di UAN kan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. A. Janan Asifuddin M.A
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pengajaran, Nahwu, Metode Istinbathiyah, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 08:55
Last Modified: 06 Aug 2012 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item