PEMODELAN MATEMATIS UNTUK MEMINIMASI EARLINESS DAN TARDINESS HEADWAY PENALTY COST PADA TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS DI BUS TRANS JOGJA)

DWIPO RIMO ANDARU, NIM. 12660011 (2016) PEMODELAN MATEMATIS UNTUK MEMINIMASI EARLINESS DAN TARDINESS HEADWAY PENALTY COST PADA TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS DI BUS TRANS JOGJA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN MATEMATIS UNTUK MEMINIMASI EARLINESS DAN TARDINESS HEADWAY PENALTY COST PADA TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS DI BUS TRANS JOGJA))
12660011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN MATEMATIS UNTUK MEMINIMASI EARLINESS DAN TARDINESS HEADWAY PENALTY COST PADA TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS DI BUS TRANS JOGJA))
12660011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Transportasi merupakan suatu proses pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan (Nasution, 1996). Manajemen transportasi yang baik tentu saja dapat diterapkan pada transportasi publik. Transportasi publik memiliki permasalahan yang cukup rumit yaitu kemacetan, dimana permasalahan ini merupakan suatu permasalahan yang tentu saja dapat diprediksi kapan terjadinya dengan menganalisis terkait data – data lama waktu tempuh kendaraan pada waktu waktu tertentu. Dengan adanya kemacetan maka hal ini dapat mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan transportasi publik terkait ketepatan waktu untuk sampai ditempat tujuan. Pada penelitian ini, penulis akan mengembangkan suatu model matematis untuk meminimasi penalty cost akibat adanya earliness dan tardiness headway pada bus Trans Jogja. Earliness headway dan tardiness headway dapat terjadi akibat adanya kemacetan jalan. Model yang dikembangkan oleh penulis berupa Linear Programming. Berdasarkan hasil pengolahan model matematis yang dikembangkan, model mampu meminimasikan pelanggaran sebanyak 1663 menit dengan penalty cost sebesar 831.500.000, dengan earliness yang diminimasikan sebanyak 112 menit, dan tardiness yang diminimasikan sebanyak 1551 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dwi Agustina Kurniawati, M.Eng
Uncontrolled Keywords: model matematis, transportasi, penalty cost, earliness headway, Tardiness headway, Kemacetan, bus Trans Jogja, Headway, Linear Programming
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Mar 2017 09:44
Last Modified: 03 Mar 2017 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24331

Actions (login required)

View Item View Item