METODE GRAMATIKA-TERJEMAH DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STIKES MADANI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME

IBNU MAJAH, NIM. 1220410118 (2016) METODE GRAMATIKA-TERJEMAH DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STIKES MADANI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE GRAMATIKA-TERJEMAH DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STIKES MADANI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME)
1220410118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE GRAMATIKA-TERJEMAH DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STIKES MADANI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME)
1220410118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat pendekatan kognitivisme yang lebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajar. Seperti halnya yang telah dijumpai di lapangan, bahwa tidak semua pembelajaran bahasa Arab di lingkup perguruan tinggi untuk tujuan supaya mahasiswa mampu berbicara bahasa Arab dengan baik dan benar. Akan tetapi, masih ada perguruan tinggi seperti halnya di STIKes Madani Yogyakarta yang memandang bahwa pembelajaran bahasa Arab penting dilakukan supaya para mahasiswa mampu memahami dan membaca kitab suci al-Qur`an dan as-Sunnah ataupun literatur berbahasa Arab yang lainnya dengan kaidah bahasa Arab yang baik dan benar. Penelitian ini berlatar di STIKes Madani Yogyakarta yang berdiri pada tahun 2009 dengan SK MENDIKNAS RI: 148/D/O/2009, SK PPNI: 068/PP.PPNI/S/II/ 2009, dan SK PPSDM: HK.03.05/I/II/4/3309/200. STIKes Madani Yogyakarta dengan status terdaftar dengan no anggota 213/AIPNI/2012 beralamat di Jl. Wonosari Km. 10, Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. STIKes Madani Yogyakarta merupakan pendidikan Sekolah Tinggi berbasis Pesantren Salaf dengan program studi yang ditawarkan S-I Ilmu Keperawatan, D-3 Kebidanan, dan D-3 Farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode gramatika-terjemah dalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta relevan dengan pendekatan kognitivisme. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif field research, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini berkesimpulan: pertama, metode gramatikaterjemah dalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta sudah relevan dengan pendekatan kognitivisme. Kedua, metode gramatikaterjemah dalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta tersebut menunjukkan adanya nilai-nilai dalam pendekatan kognitivisme yang antara lain: (1) Meningkatkan dan membangun kemampuan mahasiswa dalam memperoleh, menganalisis, dan mengolah informasi secara cermat serta menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah, (2) Mahasiswa belajar hal yang kompleks untuk dipecahkan dan menghasilkan keterampilan yang dibutuhkan, (3) Dosen menciptakan lingkungan sosial dalam belajar, sehingga mahasiswa akan lebih mudah menemukan secara komprehensif konsep-konsep yang sulit jika mereka mendiskusikannya dengan mahasiswa lain tentang problem yang dihadapi, dan (4) Proses belajar disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif yang dilalui mahasiswa. Ketiga, model pembelajaran yang diterapkan dalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta dengan pendekatan kognitivisme adalah discovery learning “belajar penemuan,” reception learning “belajar menerima,” dan assisted learning “belajar berintraksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Gramatika-Terjemah, Praktik Pembelajaran Bahasa Arab, STIKes Madani Yogyakarta, Pendekatan Kognitivisme
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Mar 2017 09:54
Last Modified: 03 Mar 2017 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum