UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKSI DALAM POKOK BAHASAN AKHLAQ TERCELA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X F SMAN I DEPOK-BABARSARI

Nisa Shalihah NIM. 04410845, (2009) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKSI DALAM POKOK BAHASAN AKHLAQ TERCELA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X F SMAN I DEPOK-BABARSARI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKSI DALAM POKOK BAHASAN AKHLAQ TERCELA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X F SMAN I DEPOK-BABARSARI)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKSI DALAM POKOK BAHASAN AKHLAQ TERCELA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X F SMAN I DEPOK-BABARSARI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (194kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bentuk pembelajaran secara umum saat ini yang masih bersifat tradisional, secara khusus pembelajaran PAI di kelas X F SMAN I Depok-Babarsari, Yogyakarta. Sehingga pembelajaran yang selama ini cenderung abstrak berakibat pada kemampuan afeksi siswa kelas X F yang dirasakan kurang serta perlu adanya upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan meningkatkan kemampuan afeksi siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran PAI dalam pokok bahasan akhlaq tercela sebagai upaya meningkatkan kemampuan afeksi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X F SMA I Depok-Babarsari yang berjumlah 35 siswa. Rencana tindakan pada penelitian ini meliputi dua siklus. Siklus I dan Siklus II dengan materi akhlaq tercela. Instrumen yang digunakan selama pengambilan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif- kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Mengenai keberhasilan produk, dapat diketahui dengan menggunakan prosentase keberhasilan lewat skor angket dan lembar observasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dapat dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaraan PAI pada pokok bahasan akhlaq tercela siswa kelas X F SMAN I Depok-Babarsari Yogyakarta dilaksanakan dalam dua Siklus. Sebelum melakukan tindakan, dilakukan observasi awal untuk mengetahui kondisi pembelajaran dan kemampuan afeksi siswa. Setiap pelaksanaan Siklus akan diiringi oleh 4 (empat) tahapan yakni perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari dua siklus tersebut kemudian diolah dan dimaknai sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini berjalan dengan lancar dan membawa dampak positif bagi kemampuan afeksi siswa. (2) Peningkatan kemampuan afeksi siswa dalam pokok bahasan akhlaq tercela melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bagi siswa kelas X F SMAN I Depok- Babarsari Yogyakarta ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan afeksi siswa antara Siklus I dan Siklus II pada beberapa aspek, diantaranya aspek menerima (receiving), aspek menanggapi (responding), aspek penilaian (valuing), aspek mengorganisasi (organizing), dan aspek mempribadikan nilai. Hasil ini dibuktikan dari rata-rata hasil isian angket siswa pada Siklus I sebesar 33,2 % menjadi 51, 54 % pada Siklus II. Ini berarti ada peningkatan sebesar 18,34 %. Hal juga dibuktikan dari hasil rata-rata lembar observasi, kemampuan afeksi siswa pada Siklus I sebesar 14,45 % menjadi 20,77% pada Siklus II. Ini berarti ada peningkatan sebesar sebesar 6, 32 %. Hal ini kemudian didukung dengan hasil wawancara dengan guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sabaruddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Afeksi, Akhlak, Tercela, Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 11:55
Last Modified: 06 Aug 2012 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2436

Actions (login required)

View Item View Item