PENGALAMAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Amin, Muhammad (2009) PENGALAMAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. In: WORKSHOP "STANDARDISASI KEMAMPUAN BAHASA ARAB LULUSAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DI INDONESIA''. Prosiding, Vol. 1 (No. 1). PPBB Kemenag RI, Jakarta, pp. 1-16.

[img]
Preview
Text (PENGALAMAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
MUHAMMAD AMIN - PENGALAMAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sudah cukup banyak pernyataan dari pemerhati dan praktisi pengajaran bahasa Arab bahwa pengajaran bahasa Arab di banyak sekolah dan perguruan tinggi Islam di Indonesia dewasa ini belum menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Hal ini bisa dilihat, antara lain, dari kenyataan bahwa betapa banyak orang Indonesia yang sudah belajar bahasa Arab bertahun-tahun sejak tingkatan madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan Aliyah, namun mereka masih merasa kesulitan dalam memahami teks-teks yang tertulis dalam bahasa Arab dan belum bisa bercakap-cakap dengan penutur asli bahasa Arab. Bahkan tidak sedikit jumlah mahasiswa yang belajar bahasa Arab beberapa semester atau sekian sks di perguruan tinggi, tapi belum merasakan manfaat atau perkembangan yang berarti dalam pembelajaran bahasa Arab mereka.1 Di sejumlah perguruan tinggi agama Islam tidak jarang bahasa Arab menjadi momok atau mata pelajaran yang menakutkan bagi sejumlah mahasiswa

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: UIN Sunan Kalijaga, pengelaman, bahasa Arab, pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2017 09:02
Last Modified: 20 Mar 2017 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum