HUBUNGAN KOHESIVITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI STUDI LANJUT SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA

Yuni Anita, NIM. 13220073 (2017) HUBUNGAN KOHESIVITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI STUDI LANJUT SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOHESIVITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI STUDI LANJUT SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
13220073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOHESIVITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI STUDI LANJUT SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
13220073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

YUNI ANITA, Hubungan Kohesivitas Teman Sebaya dengan Motivasi Studi Lanjut Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta, Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah terkait adakah hubungan kohesivitas teman sebaya dengan motivasi studi lanjut siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini ada satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kohesivitas teman sebaya (X), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi studi lanjut (Y). Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data utama berupa skala, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson untuk memperoleh hasil uji hipotesis, dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kohesivitas teman sebaya dengan motivasi studi lanjut siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo yang memiliki koefisien korelasi sebesar 0,509 sedangkan sig. (2.tailed) sebesar 0,000 dengan N=52 pada taraf signifikansi 1%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa rxy=0,509 dan p<0,01 yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan, maka hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Nilai hubungan antara kohesivitas teman sebaya dengan motivasi studi lanjut adalah 50,9%. Dengan demikian, hubungan kohesivitas dengan motivasi studi lanjut kuat. Maka, perlu arahan dari guru bimbingan dan konseling dalam kohesivitas teman sebaya sehingga motivasi studi lanjut dapat meningkat lagi. Oleh karena itu, diharapkan ada penelitian lanjutan mengenai topik motivasi studi lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Slamet, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kohesivitas Teman Sebaya dan Motivasi Studi Lanjut
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:35
Last Modified: 15 Mar 2017 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item