KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

SRI WAHYUNINGSIH, NIM 13220095 (2017) KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13220095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13220095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (852kB)

Abstract

SRI WAHYUNINGSIH, 13220095. Skripsi: “Kolaborasi antara Guru Bimbingan Konseling Islam dengan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Spiritualitas Siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan KomunikasiUniversitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, guru pendidikan agama islam dan siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk kolaborasi guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama Islam dan upaya peningkatan spiritualitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama islam dalam menangani siswa yang bermasalah dan upaya peningkatan spiritualitas siswa kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul, tersusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kerjasama antara guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama Islam dan upaya dalam meningkatkan spiritualitas siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta yaitu bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama islam membuat beberapa kegiatan keagamaan diantaranya shalat dhuha, imam dan dzikir, muraja’ah, khidmatul masjid dan tilawah. Sedangakan upaya dalam meningkatkan spiritualitas adalah membuat program, memberikan contoh dan menanggulangi pelanggaran tata tertib ibadah siswa serta pendampingan dari guru kepada siswa ketika melaksanakan kegiatan ibadah tersebut. Selain itu mengajak para guru di SMP IT Abu Bakar untuk senantiasa memberikan contoh baik dengan harapan dapat beristiqomah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Abror Sodik, M . Si
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Guru BK, Guru PAI, Spiritualitas Siswa
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:27
Last Modified: 14 Mar 2017 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24395

Actions (login required)

View Item View Item