STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA ANTARA ALUMNI MTs DENGAN ALUMNI SMP DI KELAS II MAN YOGYAKARTA III

RUDI HARTONO NIM: 05420039-04, (2009) STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA ANTARA ALUMNI MTs DENGAN ALUMNI SMP DI KELAS II MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA ANTARA ALUMNI MTs DENGAN ALUMNI SMP DI KELAS II MAN YOGYAKARTA III )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA ANTARA ALUMNI MTs DENGAN ALUMNI SMP DI KELAS II MAN YOGYAKARTA III )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan minat belajar Bahasa Arab antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP serta mengetahui Faktor apa sajakah yang mempengaruhi timbulnya minat belajar Bahasa Arab kedua variabel tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab pada umumnya, dan khususnya MAN Yogyakarta III sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menganalisa data tentang komparasi minat belajar Bahasa Arab siswa yang dilakukan di kelas II MAN Yogyakarta III. Sehingga dengan penelitian ini diharapkan dapat menyajikan analisa komparasi secara detail mengenai kondisi atau tertentu dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas II baik yang berasal dari alumni MTs maupun yang berasal dari alumni SMP yang berhubungan dengan minat belajar mereka terhadap bahasa Arab. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, metode dokumentasi, metode interview (wawancara), angket (quesioner), sedangkan instrumen penelitiannya adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas data. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan prosedur berfikir deduktif dan induktif sedangkan untuk menganalisis data yang bersifat statistik dengan menggunakan metode analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar bahasa Arab antara alumni MTs dengan alumni SMP ternyata lebih tinggi alumni MTs dari pada alumni SMP yaitu dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas, dan dilakukan uji T tes (lihat; tabel Uji Normalitas, Homogenitas dan Independen Tes), Juga dari hasil tabel Group Statistic bahwa rata-rata hasil angket siswa alumni MTs = 70,7667 dan ratarata hasil angket alumni SMP = 60,9000, dengan mengacu pada 4 aspek yaitu aspek motivasi, partisipasi, perhatian dan tanggapan, serta dilihat dari factor-faktor yang mempengaruhi timbulnya minat keduanya. Adapun usaha-usaha yang dilakukan guru dalam membangkitkan minat belajar bahasa Arab siswa di MAN Yogyakarta III yaitu : dengan membangkitkan akan adanya suatu kebutuhan, menghubungkan dengan persoalan pengalamanpengalaman yang lampau, memberikan kesempatan untuk mendapatkan hasil, menggunakan berbagai bentuk cara mengajar (mencari metode yang mampu memberikan rasa senang kepada siswa dalam belajar bahasa Arab), mengkaitkan atau menghubungkan pelajaran bahasa Arab dengan pelajaran yang lain, serta memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan memahami teks-teks Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin A, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Minat, Belajar, Bahasa Arab, Siswa, Alumni MTs, Alumni SMP
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2012 15:25
Last Modified: 03 Apr 2017 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item View Item