MUJAHADAH SEBAGAI TERAPI KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANJUT USIA DI MAJLIS MUJAHADAH BIL MUSTHOFA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

ZIDA NUSROTINA, NIM.10220061 (2017) MUJAHADAH SEBAGAI TERAPI KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANJUT USIA DI MAJLIS MUJAHADAH BIL MUSTHOFA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUJAHADAH SEBAGAI TERAPI KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANJUT USIA DI MAJLIS MUJAHADAH BIL MUSTHOFA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
10220061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MUJAHADAH SEBAGAI TERAPI KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANJUT USIA DI MAJLIS MUJAHADAH BIL MUSTHOFA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
10220061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah dua orang pengurus Majlis Mujahadah Bil Musthofa Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta dan empat orang jamaah yang sedang melakukan tahapan terapi mujahadah di Majlis Mujahadah Bil Musthofa Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan dapat mendapatkan penemuan sebagai berikut: (1) Tahapan terapi mujahadah di Majlis Mujahadah Bil Musthofa Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yaitu niat mujahadah, mujahadah tawassul, mujahadah sholawat, mujahadah dzikir, mujahadah ceramah agama dan mujahadah do’a. (2) Manfaat mujahadah sebagai terapi kecemasan menghadapi kematian pada lanjut usia yaitu memperoleh ketenangan dan ketentraman jiwa, mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan syafaat Nabi Muhammad SAW, mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW dan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan ilmu Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Said Hasan Basri, S. Psi., M. Si NIP. 19750427 200801 1 008
Uncontrolled Keywords: Terapi Mujahadah, Kecemasan Menghadapi Kematian, Lanjut Usia,
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:33
Last Modified: 10 Mar 2017 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum