PENGOBATAN ALTERNATIF (STUDI KASUS PASIEN PADEPOKAN BINA WARGA H. UMARUL YAHYA AL-FARUK SAMBIROTO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)

MIFTAKHUL KHOIRI, NIM. 11120049 (2017) PENGOBATAN ALTERNATIF (STUDI KASUS PASIEN PADEPOKAN BINA WARGA H. UMARUL YAHYA AL-FARUK SAMBIROTO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGOBATAN ALTERNATIF (STUDI KASUS PASIEN PADEPOKAN BINA WARGA H. UMARUL YAHYA AL-FARUK SAMBIROTO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN))
11120049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGOBATAN ALTERNATIF (STUDI KASUS PASIEN PADEPOKAN BINA WARGA H. UMARUL YAHYA AL-FARUK SAMBIROTO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN))
11120049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di tengah perkembangan teknologi pengobatan modern, pengobatan tradisional masih menjadi pilihan bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan ketidakpuasan mereka terhadap pengobatan medis, yang dinilai pengobatan ini mahal dan sulit dijangkau oleh masyarakat. Selain itu, pengobatan secara medis juga dinilai mempunyai efek negatif karena unsur kimia yang terkandung dalam obatnya. Oleh karena itu, mereka lebih biasa untuk menggunakan pengobatan alternatif. Disamping tidak memiliki efek negatif, pengobatan ini juga mudah dijangkau oleh masyarakat, salah satunya Pengobatan Alternatif Padepokan Bina Warga yang dipimpin oleh H. Umarul Yahya al Faruk, beralamat di Batok Bolu, Sambiroto, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Ia berasal dari dusun Cawet, Suren Gedhe, Kretek, Wonosobo. Untuk tempat praktek pengobatanya hanya ada satu tempat, meskipun dahulu H. Yahya pernah bersafari di berbagai tempat. Praktek pengobatan dibuka setiap hari kecuali Jumat dan hari besar Islam. Pengobatan alternatif ini menggunakan metode obat-obatan herbal, diantaranya herbal dalam dan luar yang dipadukan dengan doa. Prosesinya ialah membagikan herbal dalam (loloh raga pamungkas) secara gratis kepada pasien serta memberikan pelayanan merefleksi syaraf dengan bobok ganda rasa (parem) yang dilakukan oleh karyawan H. Umarul Yahya. Keunikan lainnya yaitu pasien diajak beristighfar dan berdoa bersama-sama untuk kesembuhan penyakitnya. Ketika melakukan pengobatan H. Yahya tidak jarang memberikan tausiyah maupun cerita-cerita menarik yang cukup menghibur pasien, serta sering memberikan edukasi mengenai berbagai hal tentang kesehatan. Di Padepokan tersebut juga disediakan pondokan-pondokan bagi pasien yang bertempat tinggal jauh. Pondokan tersebut ada dua macam, yaitu yang dikelola padepokan dan milik warga masing-masing. Selain itu ada selapanan (bulanan) pengajian akbar dan mujahadah setiap malam selasa kliwon. Penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah bersifat deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori motivasi milik Abraham Maslow, bahwa pasien yang berobat ke Padepokan didasari dengan motivasi tertentu. Antropologi sebagai Pendekatan yang digunakan. Dalam mengumpulkan data, penyusun menggunakan data lapangan dan pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini, Padepokan Bina Warga merupakan pengobatan alternatif untuk berobat pasien yang menderita sakit medis maupun non medis. Berdiri pada tahun 2010-an. Pasien yang berobat ke sini didasari dengan berbagai motif, diantara yaitu motif ekonomi, motif sosial, motif relijius dan motif pengobatan tradisional. Strata sosial pasien pun beragam. Fenomena pengobatan alternatif seperti ini sebetulnya sudah banyak terjadi, apalagi yang berunsur syar’i, akan tetapi Fenomena pasien berobat ke Padepokan Bina Warga menjadi nuansa yang berbeda. Motif-motif dari pasien tersebut telah menciptakan suatu budaya baru dengan karakternya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Wildan, M.A.
Uncontrolled Keywords: H. Umarul Yahya al Faruk Smbiroto, Purwomartani, Kalasan, Sleman
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:30
Last Modified: 10 Mar 2017 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum