MANAJEMEN KEUANGAN PONDOK PESANTREN (STUDI MENGENAI SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AD DHUHA BANTUL DIY)

SANUR MUTSANNA AL HARIS, NIM. 11240004 (2017) MANAJEMEN KEUANGAN PONDOK PESANTREN (STUDI MENGENAI SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AD DHUHA BANTUL DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEUANGAN PONDOK PESANTREN (STUDI MENGENAI SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AD DHUHA BANTUL DIY))
11240004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEUANGAN PONDOK PESANTREN (STUDI MENGENAI SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AD DHUHA BANTUL DIY))
11240004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Sanur Mutsanna Al-Haris (11240004), Manajemen Keuangan Pesantren (Studi Mengenai Sistem Pengelolaan Keuangan di Pondok Pesantren Entrepreneur Ad-Dhuha Bantul DIY), Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Non-formal keagamaan Islam berbasis masyarakat, yang menyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadu dengan jenis pendidikan formal. Sehingga terjadi berbagai kesenjangan yang mencolok dalam pembiayaan sekolah antara lembaga pendidikan non-formal dengan lembaga pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen keuangan di Pondok Pesantren Ad Dhuha Bantul serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam sistem pengelolaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miiles dan Huberman, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data. Berdasarkan data yang diperoleh bahwasannya Pelaksanaan manajemen keuangan di Pondok Pesantren Ad Dhuha pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan manajemen keuangan pada lembaga keuangan lain sebagaimana yang sesuai dengan teori yang ada yang telah dirumuskan, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pertanggungjawaban keuangan. Melalui kegiatan manajemen keuangan maka kebutuhan pendanaan kegiatan Pondok Pesantren Ad Dhuha dapat direncanakan, diupayakan pengadaannya, dibukukan secara transparan, dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program Pondok Pesantren Ad Dhuha secara efektif dan efisien. Untuk itu tujuan manajemen keuangan Pondok Pesantren Ad Dhuha adalah: Meningkatkan efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi penggunaan keuangan pondok pesantren Meminimalkan penyalahgunaan anggaran pondok pesantren Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dibutuhkan kreativitas pimpinan pondok pesantren dalam menggali sumber-sumber dana, menempatkan bendaharawan yang menguasai dalam pembukuan dan pertanggung-jawaban keuangan serta memanfaatkannya secara benar sesuai peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan Pondok Pesantren
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Mar 2017 10:27
Last Modified: 10 Mar 2017 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum