PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PRAMBANAN SLEMAN (STUDI KASUS KELAS VIII SEMESTER GENAP 2007/ 2008)

Sri Utami Hadiningsih NIM. 04471206, pth (2012) PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PRAMBANAN SLEMAN (STUDI KASUS KELAS VIII SEMESTER GENAP 2007/ 2008). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PRAMBANAN SLEMAN)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PRAMBANAN SLEMAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (321kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Dengan demikian pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi pengajaran yang efektif. Tugas utama dan paling sulit bagi guru adalah pengelolaan kelas. Kesulitan dan motivasi untuk belajar yang rendah yang dialami oleh siswa MTsN Prambanan Sleman dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits yaitu: membaca, menerjemahkan dan mengamalkan ajaran Qur’an dan Hadits. Sedangkan kesulitan belajar merupakan hambatan yang dialami siswa dalam proses belajar karena faktor keluarga dan siswa itu sendiri. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan populasi 168 siswa dari kelas delapan tahun pelajaran 2007/ 2008 tetapi penulis mengampil sample acak atau random dikarenakan untuk menghemat waktu, tenaga, biaya dan ingin mengetahui pendapat siswa. Penulis mengambil sample 25 orang siswa dari masingmasing kelas terdiri dari lima orang dari kelas delapan yang berjumlah lima kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:(1)Tujuan dari pembelajaran Qur’an dan Hadits, yaitu agar peserta didik bergairah untuk mempelajari al Qur’an dan Hadits dengan baik dan benar.(2) Persiapan pembelajaran Qur’an dan Hadits, yaitu buku I, buku II, buku III.(3)Metode yang digunakan dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits cukup bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab, drill, tugas kelompok dan inquiry.(4)Kondisi fisik dalam kelas sudah memadai dengan baik untuk pembelajaran Qur’an dan Hadits ditinaju dari ruang pembelajaran, pengaturan tempat duduk, dan pengaturan cahaya.(5)Dalam pengaturan siswa dikelas ditinjau dari ketanggapan, perhatian, penguatan, penghentian, disiplin diri dan keantusiasan guru dalam mengajar sudah cukup baik dan efektif dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits.(6)Dalam mengelola interaksi perilaku di dalam kelas cukup baik.(7) Beberapa kesulitan pengelolaan kelas yaitu menumbuhkan minat baca dan tulis Al Qur’an dan Hadits bagi siswa, variasi metode dan pengaturan tempat duduk. Solusi pengelolaan kelas dalm pembelajaran Qur’an dan Hadits yaitu melakukan les iqro’ diluar kelas setiap Senin dan Selasa, memberikan point- point ayat agar mudah di mengerti dan memberikan keringanan dengan cara menulis latin dan untuk dihafalkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kelas, Efektif, Pembelajaran, Qur'an, Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2012 11:53
Last Modified: 03 Aug 2012 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item