IMPLEMENTASI KTSP DAN PROBLEMATIKANYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SUHARI NIM: 03420288, (2009) IMPLEMENTASI KTSP DAN PROBLEMATIKANYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KTSP DAN PROBLEMATIKANYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KTSP DAN PROBLEMATIKANYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini didorong oleh kebijakan pemerintah melakukan penyempurnaan KBK dengan KTSP. Kebijakan tersebut tentunya berimplikasi pada sekolah yang dituntut untuk melaksanakan KTSP, khususnya dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan dan menganalisa tentang implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pasalnya, sebagai produk baru dalam kebijakan pembaharuan kurikulum, KTSP tidak dapat dielakkan dari berbagai problem dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di lapangan. Pembahasan dalam penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena pembelajaran, dengan teknik pengumpulan datanya melalui bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dikelola dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif, yaitu suatu teknik analisis non statistik akan tetapi dengan cara menjelaskan dan mengurai data dengan menggunakan kata-kata. Dalam penelitian ini penulis mengungkap; (1) Implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga, terkait dengan proses belajar mengajar yang melewati berbagai tahapan, yaitu penyusunan silabus, program tahunan, alokasi waktu, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses instruksinal dikelas. (2). Problematika implementasi KTSP dalam pengajaran bahasa Arab, yang berhubungan dengan guru, siswa, alokasi waktu dan fasiliatas/media. dan (3). Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi berbagai problem pembelajaran bahasa Arab di MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, KTSP, Problematika, Pengajaran, Bahasa Arab,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Aug 2012 17:11
Last Modified: 03 Apr 2017 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum