PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SARI INDAH DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN TELAGA MATI:Studi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Fauziah Eka Sari, NIM 13230064 (2017) PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SARI INDAH DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN TELAGA MATI:Studi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SARI INDAH DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN TELAGA MATI:Studi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta)
13230064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SARI INDAH DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN TELAGA MATI:Studi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta)
13230064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Fauziah Eka Sari, Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Sari Indah Dalam Melakukan Pelestarian Lingkungan Melalui Pemanfaatan Telaga Mati: Study di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Peran Kelompok Wanita Tani Sari Indah dalam melakukan pelestarian lingkungan merupakan sebuah usaha yang dilakukan suatu kelompok yang beranggotakan para perempuan untuk melakukan pelestarian lingkungan di kawasan kars yaitu di lahan bekas telaga mati, bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang gersang untuk dijadikan lahan hijau, serta dapat menghidupkan telaga mati pada saat musim kemarau. Pelestarian lingkungan sudah mulai di terapkan di berbagai daerah terutama yang berkaitan dengan air serta polusi udara, yakni yang menjadi setiap nafas manusia. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalah lingkungan maka di ciptakanlah gerakan pelestarian lingkungan yang salah satunya dengan usaha menjaga daerah resapan air dan melakukan penghijauan di lahan yang gersang. Usaha dalam pelestarian lingkungan bertujuan untuk mengajak sekaligus menyadarkan masyarakat tentang betapa pentingnya melakukan pelestarian lingkungan. Desa Purwodadi adalah salah satu daerah yang telah menerapkan pelestarian lingkungan yang diorganisir oleh Kelompok Wanita Tani Sari Indah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang usaha, peran serta hasil pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan telaga mati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam teknik penentuan informan dan teknik sampling menggunakan purposive sampling yang berdasarkan kriteria dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan mengumpulkan data menggunakan ketiga teknik tersebut maka akan dilihat validitas data serta dianalisis dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang pertama, menunjukan bahwa usaha yang dilakukan oleh KWT Sari Indah dalam melakukan pelestarian lingkungan yaitu dengan cara reboisasi dan menjaga daerah resapan air. Kedua, peran KWT Sari Indah ini ada empat peran yaitu: peran fasilitatif, pendidikan, perwakilan, serta ketrampilan teknik. Ketiga, hasil dari KWTSari Indah dalam melakukan pelestarian lingkungan yaitu: partisipasi masyarakat dalam kegiatan KWT Sari Indah, menumbuhkan kemandirian serta peningkatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr.Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran KWT, Pelestarian Lingkungan, Pemanfaatan Telaga Mati
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Mar 2017 07:38
Last Modified: 24 Mar 2017 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24485

Actions (login required)

View Item View Item