IMPLEMENTASI PEMIKIRAN VIKTOR E. FRANKL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM

Tasnim Sofya Dewi AS NIM. 02411111, (2009) IMPLEMENTASI PEMIKIRAN VIKTOR E. FRANKL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMIKIRAN VIKTOR E. FRANKL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMIKIRAN VIKTOR E. FRANKL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menelusuri pemikiran Viktor Emile Frankl untuk mencari bentuk penerapan dari pemikiran Frankl guna mencari jalan keluar dari permasalahan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian kepustakaan (library reaseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis. Penelitian ini termasuk penelitian ekploratif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan masalah-masalah baru. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) artinya data penelitian berasal dari sumber-sumber kepustakaan berupa buku-buku, makalah, jurnal, majalah, dan sumber lain yang koheren dengan obyek bahasan. Metode Pengumpulan Data menggunakan data literer (studi kepustakaan), dan analisis datanya menggunakan model content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1). Dalam logoterapi, manusia adalah sebuah entitas (sesuatu yang berwujud) yang terdiri dari somatic (jasad), psychic (mental), noetic (spirit). Spiritualitas adalah dimensi manusia yang unik. Bagaimanapun dimensi-dimensi yang berbeda ini harus dipahami dalam totalitas ketiganya, karena manusia adalah kesatuan dalam kompleksitas. Spirit manusia adalah inti kesehatan yang mungkin akan terhalang oleh sakit biologis maupun psikologis, tetapi akan tetap utuh. Logoterapi juga percaya bahwa hakikat dari eksistensi manusia terdiri dari tiga faktor: spiritualitas, kebebasan, dan tanggung jawab. (2). Implementasi pemikiran Viktor E. Frankl dalam konsep Pendidikan Islam adalah bahwa dalam pencapaian tujuan pendidikan Islam faktor peserta didik merupakan hal yang mutlak perlu diperhatikan. Supaya seorang pendidik berhasil dalam pendidikan maka konsep yang jelas tentang karakteristik manusia yang itu bisa digali dari keilmuan yang empirik, atau melalui pendekatan rasional falsafi, bisa juga dengan menggunakan pendekatan eksistensialisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Susilaningsih, MA
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pemikiran, Viktor E. Franki, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 09 Aug 2012 16:53
Last Modified: 09 Aug 2012 16:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum