KESEJAHTERAAN SOSIAL NELAYAN TRADISIONAL DI DESA PANDANGAN WETAN, KECAMATAN KRAGAN, KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH

AHMAD SYAKIR, NIM. 10250014 (2017) KESEJAHTERAAN SOSIAL NELAYAN TRADISIONAL DI DESA PANDANGAN WETAN, KECAMATAN KRAGAN, KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN SOSIAL NELAYAN TRADISIONAL DI DESA PANDANGAN WETAN, KECAMATAN KRAGAN, KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH)
10250014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10250014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN SOSIAL NELAYAN TRADISIONAL DI DESA PANDANGAN WETAN, KECAMATAN KRAGAN, KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH)
10250014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesejahteraan Sosial Nelayan Tradisional di Desa Pandangan Wetan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Skripsi: Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai September 2016 dengan Kesejahteraan Nelayan Tradisional di Desa Pandangan Wetan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang. Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi kemiskinan yang membelenggu nelayan tradisional, pergulakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tersendatnya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anaknya, dan terbataasnya akses mereka terhadap jaminan kesehatan. Banyaknya permasalahan nelayan tradisional yang dihadapi seperti, termajinalkannya nelayan tradisional contohnya, perkumpulan kelompok nelayan bagi nelayan modern, bantuan pemerintah kurang tepat sasaran, karena sistem pemberian itu menggunakan sistem kekerabatan yang kenal di beri yang tidak kenal dilewati, hal ini yang mengakibatkan bantuan yang seharusnya bagi nelayan tradisional malah diberikan kepada nelayan modern, Koperasi Unit Desa (KUD) dikuasai nelayan modern, artinya kepengurusan KUD diutamakan pada nelayan modern. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah Kesejahteraan Nelayan Tradisional di Desa Pandangan Wetan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang. Sementara subjek penelitian adalah masyarakat nelayan, Ketua KUD Kragan, dan salah seorang warga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data yang dibandingkan antara observasi non-partisipan dengan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi keterpurukan ekonomi nelayan tradisional di Desa Pandangan Wetan memang terjadi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pola kehidupan nelayan yang komsumtif dan boros, hasil tangkapan yang tidak menentu, dan penghasilan yang tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Fungsi pemerintah dalam menjamin kesejahteraan sosial nelayan di Desa Pandangan Wetan belum maksimal kinerjanya. Musim ikan yang tidak menentu dengan diperparah kondisi cuaca yang kadang ekstrim membuat nelayan tradisional di Desa Pandangan Wetan tidak bisa meningkatkan kesejahteraan sosial. Strategi bertahan hidup nelayan tradisional di Desa Pandangan Wetan dalam menghadapi kondisi ini memiliki solusi dengan mencari pekerjaan di darat seperti buruh dan bercocok tanam. Istri para nelayan tradisional di Desa Pandangan Wetan ikut membantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan bekerja di pasar dan mencari kerang untuk dijual atau dikonsumsi sendiri dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M. Pd. NIP: 19560704 198603 1 002
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial Nelayan Tradisional, Ragam Masalah Kesejahteraan, dan Strategi Bertahan Hidup.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:52
Last Modified: 15 Mar 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum