PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL DI SRUNGGAN KARANG TENGAH IMOGIRI BANTUL

UMI KHASANAH, NIM. 10250017 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL DI SRUNGGAN KARANG TENGAH IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL DI SRUNGGAN KARANG TENGAH IMOGIRI BANTUL)
10250017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL DI SRUNGGAN KARANG TENGAH IMOGIRI BANTUL)
10250017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (686kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena pada jaman modern smartphone bukan menjadi barang mewah lagi. Melainkan kebutuhan yang siapa saja bisa memilikinya. Smartphone adalah sebuah ponsel seluler pintar yang menawarkan berbagai macam aplikasi-aplikasi didalamnya. Sehingga anak-anak pun di daerah pedesaan terutama desa Srunggan Karang Tengah pada jaman sekarang ini pun banyak menggunakan ponsel pintar ini. Sehingga mempengaruhi keberfungsian anak itu sendiri. Karena pada fase perkembangan awal anak sangat baik ketika orang tua selalu mendampingi dan mengajarkan hal-hal yang baru untuk anak-anak mereka. akan tetapi bukan berarti membelikan anak smartphone. Karena ini akan menimbulkan dampak negative dan dampak postif untuk anak. Sehingga apabila ini lebih banyak berdampak negatif untuk anak maka secara tidak langsung psikologi anak menjadi terganggu. Perkembangan sosial menjadi salah satu hal terpenting bagi proses bertumbuhnya anak itu sendiri. Pentingnya perkembangan sosial dimasa kanak-kanan adalah masa pembentukan kepribadian yang menjadi penentu sebuah pribadi seperti apa setelah dewasa nanti. Masa perkembangan awal seorang anak dapat berupa hubungan dengan keluarga atau orang-orang dilingkungan sekitar rumahnya. Keberfungsian sosial yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan anak yang berusia 7-9 tahun dimana mereka harus tumbuh kembang sesuai dengan umur mereka dan mampu menjalankan peran mereka dengan baik. Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh smartphone terhadap perkembangan anak usia 7-9 tahun terhadap keberfungsiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu metode penelitian kualitatif, tentang pengaruh smartphone terhadap perkembangan anak. Pengambilan data dari metode ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 7-9 tahun di dusun Srunggan Karang Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pengaruh smartphone terhadap perkembangan anak pada keberfungsiannya sangatlah tidak baik. Karena manfaat smartphone bagi anak belum begitu penting, sehingga seharusnya anak-anak usia 7-9 tahun mereka mampu menjalankan peran mereka sebagaimana anak dengan baik, akan tetapi karena adanya smartphone mereka cenderung lebih asyik bermain dengan smartphone mereka daripada bermain dan berkumpul dengan teman-teman mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd. NIP 19560704 198603 1 002
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Keberfungsian Anak, dan Perkembangan Anak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:06
Last Modified: 15 Mar 2017 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24557

Actions (login required)

View Item View Item