EFEKTIVITAS MEDIA FILM GUNA MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP BAHAYA SEKS BEBAS PADA SISWA SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL

LILIS SURYANI, NIM. 11130027 (2017) EFEKTIVITAS MEDIA FILM GUNA MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP BAHAYA SEKS BEBAS PADA SISWA SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA FILM GUNA MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP BAHAYA SEKS BEBAS PADA SISWA SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL)
13220034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA FILM GUNA MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP BAHAYA SEKS BEBAS PADA SISWA SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL)
13220034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media film guna meningkatkan sikap terhadap bahaya seks bebas. Hipotesis awal penelitian ini adalah media film dapat meningkatkan sikap terhadap bahaya seks bebas. Semakin sering siswa di berikan film tentang bahaya seks bebas, semakin tinggi pula sikap terhadap bahaya seks bebas, dan semakin rendah angka perilaku seks bebas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pandak Bantul yang berjumlah 3 kelas dengan total siswa 92. Penentuan besaran sample menggunakan rumus cluster sampling.Pemilihan sampel cluster adalah pemilihan sampel dimana yang dipilih secara random bukan individu, tetapi kelompokkelompok. Semua anggota (kelompok) mempunyai karakteristik yang sama. Pemilihan dengan menggunakan undian. Undian pertama muncul kelas VIII D sebagai kelompok kontrol dan undian kedua muncul kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen. Alat pengumpulan data menggunakan Skala Likert Sikap Bahaya Seks Bebas menggunakan empat jawaban alternatif “sangat setuju”, “setuju”, “tidak setuju”, “sangat tidak setuju”. Metode analisis data pengujian prasyarat analisis (uji normalitas), uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan program SPSS Versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan media film efektif umtuk meningkatkan sikap terhadap bahaya seks bebas. Dimana dapat dilihat dari uji beda antara pretest dan posttest keduanya memunjukkan taraf sangat signifikan 0,00, yang artinya p0,01. 0,000,01. Walaupun demikian kenaikan lebih banyak dialami kelas eksperimen, terbukti dari Thitung- 15.915, sedangkan T-hitung kelompok kontrol -6.188. Dari data tersebut kelompok eksperimen mengalami kenaikan yang lebih besar dari pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media film efektif dan dapat meningkatkan sikap bahaya seks bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Media Film, Sikap Terhadap Bahaya Seks Bebas
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Mar 2017 09:20
Last Modified: 15 Mar 2017 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum