IDENTIFIKASI PENYEBAB ENAM ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PENGAMBENGAN KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA PROVINSI BALI

NAELA ARDINA, NIM. 11250068 (2017) IDENTIFIKASI PENYEBAB ENAM ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PENGAMBENGAN KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA PROVINSI BALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI PENYEBAB ENAM ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PENGAMBENGAN KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA PROVINSI BALI)
11250068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI PENYEBAB ENAM ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PENGAMBENGAN KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA PROVINSI BALI)
11250068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (637kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam hidup kita, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan. Pendidikan berguna untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri manusia. Pentingnya pendidikan harus bisa dirasakan oleh setiap manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan memalui pendidikan juga seseorang dapat memenuhi cita-citanya karena salah satu tujuan dari pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik agar menjadi manusia yang berilmu, kreatif, cerdas dan dapat menolong dirinya dimasa depan. . Salah satu dari target yang Millenium Development Goals (MDGs) adalah mensejahterakan masyarakat dan memberantas kemiskinan di dunia dengan melakukan penyetaraan pendidikan dasar untuk semua orang, laki-laki maupun perempuan. Pentingnya pendidikan bagi setiap Bangsa di Indonesia ini telah diatur dalam Undang-undang. Akan tetapi permsalahan putus sekolah masih menjadi sorotan di dunia pendidikan. Di wilayah Desa Pengambengan, Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, terdapat enam anakyang mengalami putus sekolah ditingkat Sekolah Menengah Pertama anak- anak tersebut mengalmi putus sekolah di lembaga pendidikan formal tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Fenomena putus sekolah tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang perlu untuk diketahui. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apakah yang menyebabkab keenam anak di Desa Pengmabengan mengalami putus sekolah?. Sementara pada tahun 2006 pemerintah Kabupaten Jembrana dalam peraturan daerah telah mengeluarkan keputusan pembebasan biaya sekolah pada TK, SD, SMP,SMA dan SMK Negeri yang ada di Kabupaten Jembrana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Provinsi Bali, sedangkan teknik pemelihan infomannya menggunakan teknik Snow ball sampling dan yang menjadi informanya yaitu, keenam anak yang mengalami putus sekolah, orang tua anak yang mengalami putus sekolah dan Kadis Dinas Pendidikan di Kabupaten Jembrana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan melakukan analisis data salah satunya melakukan uji triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah bahwa penyebab utama anak putus sekolah dipengeruhi oleh faktor internal anak yang malas untuk pergi sekolah karena memilih bekerja ketimbang pergi untuk bersekolah, selain itu dipengaruhi oleh faktor pendidikan orang tua yang mayoritas hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) kurang memberikan motivasi terhadap pentingnya pendidikan anak, adapun faktor lain yang mempengaruhi anak mengalami putus sekolah adalah karena pengaruh ekonomi orang tua yang bergantung pada musim ikan dan kurangnya kesadaran orang tua dalam management uang sehingga mempengaruhi pendidikan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arif Maftuhin, M.Ag.,MAIS NIP 197402022001121002
Uncontrolled Keywords: Penyebab Anak Putus Sekolah
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:48
Last Modified: 15 Mar 2017 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24564

Actions (login required)

View Item View Item