MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN DI MTS NEGERI MAGUWOHARJO)

ENI MURWATI, NIM. 1420410073 (2017) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN DI MTS NEGERI MAGUWOHARJO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN DI MTS NEGERI MAGUWOHARJO))
1420410073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN DI MTS NEGERI MAGUWOHARJO))
1420410073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eni Murwati, S. Pd., 2016. ManajemenPemasaranPendidikan Islam (StudiTentangManajemenPemasaran di MTs NEGERI Maguwoharjo), Tesis. Program Studi Pendidikan Islam, Konsentarsi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam Program Pascarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Manajemen pemasaran pendidikan Islam merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan pendayagunaan sumberdaya yang dilakukan secara efisien dan efektif guna menawarkan jasa pendidikan Islam. Rumusan penelitian ini yaitu bagaimana proses pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan Islam di MTs N Maguwoharjo, apasaja target yang ingin dicapai MTs N Maguwoharjo dengan pelaksanaan manajemen pemasaran, apa saja hambatan yang dihadapi MTs N Maguwoharjo dalam pelaksanaan manajemen pemasaran. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)dengan pendekatan manejemen administratif. Teori yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teori fungsi manajemen oleh Henry Fayol dan teori lingkungan pemasaran oleh Philip Kotler. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam analisis data, data dikumpulkan melalui data observasi, data wawancara, dan data dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dirangkum dan disusun sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah:(1) Proses manajemen pemasaran di MTs N Maguwoharjo melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, penataan, kepemimpinan, dan pengendalian. Perencanaan pemasaran dilakukan dengan menetapkan tujuan, startegi pemasaran, kebijakan,dan prosedur. Penataan dilakukan dengan membentuk struktur organisasi. Semua struktur organisasi pemasaran di Ketuai oleh WAKA kesiswaan dan sebagai penanggung jawabnya adalah kepala sekolah. Kepemimpinan pemasaran ditunjukkan oleh kepala sekolah dan WAKA kesiswaan. Gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah gaya dengan orientasi karyawan (employee-oriented). Pengendalian/pengawasan pemasaran dilaksanakan oleh kepala sekolah dan WAKA kesiswaan dengan menjalankan tiga tipe dasar pengawasan, yaitu pengawasan pendahuluan, pengawasan "concurrent", dan pengawasan umpan balik. Pengawasan dilakuakan disetiap program pemasaran mulai dari awal saat rapat hingga akhir program pemasaran. (2)Target pemasaran yang sudah tercapai di MTs N Maguwoharjo yaitu jumlah siswa sudah terpenuhi, sekolah diliput TV sudah lebih dari 3X setahun, dan sekolah sudah mulai dikenal masyarakat. Sedangkan target yang ingin dicapai 5-10 tahun ke depan yaitu menjadi sekolah pilihan dan tujuan, mendapatkan siswa berprestasi akademik maupun nonakademik, dan terdapat SDM khusus manajemen pemasaran. (3)Pendorong daridalam (internal) manjemen pemasaran yaitu: SDM yang aktif dan bermotivasi tinggi, keunggulan sebagai madrasah hijau dan berprestasi, Keuangan dan pembiayaan sekolah yang murah. Sedangkan dorongan dari luar (eksternal) manjemen pemasaran yaitu: kerjasama dan interaksi yang baik antar madrasah dengan masyarakat, media ix elektronik dan media massa yang meliput sekolah, dan ekonomi masyarakat sekitar sebagian besar menengah ke bawah. Penghambat dari dalam (internal) manjemen pemasaran yaitu: beberapa bagian madrasah masih memiliki kekurangan (pendananaan, yang masih kurang), terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana, SDM terbatas, guru dan karyawan belum menggunakan teknologi secara maksimal, hambatan dari luar (eksternal) manjemen pemasaran yaitu: pemasok yaitu jumlah MI lebih sedikit daripada SD, pesaing yaituSMP lebih banyak dan lebih diminati, pandangan konsumen akan kebutuhan pendidikan islam yang masih rendah Persepsi masyarakat terhadap citra (image) MTs N Maguwoharjo yang negatif, perubahan menteri dan kebijakan yang terlalu cepat. Rekomendasi dalam penelitian ini ialah penyelenggara pendidikan Islam di MTs N Maguwoharjo harus selalu bekerja dengan giat dan professional dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, serta mampu mengembangkan kemampuan dan ketrampilan penggunaan IT untuk melakukan inovasi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, MTs N Maguwoharjo
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 10:13
Last Modified: 15 Mar 2017 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum